kumparan
8 Januari 2019 10:07

Pernah jadi Atasan Sri Mulyani, Ini Sepak Terjang Jim Yong Kim

World Bank (Foto: Wikimedia Commons)
Presiden Grup Bank Dunia (World Bank Group) Jim Yong Kim hari ini secara tak terduga mengumumkan pengunduruan dirinya. Padahal masa jabatan Kim masih tiga tahun lagi atau baru akan berakhir pada akhir 2022.
ADVERTISEMENT
Seperti dilansir Reuters, Selasa (8/1), Kim pertama kali ditunjuk Presiden Barack Obama sebagai Presiden Bank Dunia pada Juli 2012 sebagai Presiden Bank Dunia ke-12.
Kim lahir di Seoul, Korea Selatan, pada 8 Desember 1959. Sebelum masuk ke Bank Dunia, dia sempat menempuh pendidikan sebagai dokter dan menjabat sebagai Presiden di Dartmouth College. Dia pernah masuk peringkat ke-41 dalam daftar People Power 2018 dari Forbes.
Sebelum menjadi Presiden Dartmouth, Kim memegang jabatan sebagai profesor di Harvard Medical School dan Harvard School of Public Health.
Dia juga menjabat sebagai ketua Departemen Kesehatan Global dan Kedokteran Sosial di Harvard Medical School, Kepala Divisi Ekuitas Kesehatan Global di Rumah Sakit Brigham and Women's, dan Direktur Pusat Kesehatan dan Hak Asasi Manusia François Xavier Bagnoud di Harvard School Kesehatan Masyarakat.
ADVERTISEMENT
Kim dianugerahi MacArthur "Genius" Fellowship (2003), dinobatkan sebagai salah satu dari 25 Pemimpin Terbaik Amerika oleh US News & World Report (2005), dan terpilih sebagai salah satu dari 100 Orang Paling Berpengaruh di Dunia versi majalah TIME (2006).
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (kiri) dan Presiden Grup Bank Dunia Jim Yong Kim (kanan) saat menjadi narasumber dalam acara The Bali Fintech, Kamis (11/10/2018). (Foto: Helmi Afandi/kumparan)
Secara tradisional, Presiden Bank Dunia dinominasikan oleh Amerika Serikat (AS). Sedangkan lembaga keuangan lain, Dana Moneter Internasional (IMF) dipilih oleh negara-negara Eropa.
Namun, ketika Jim Yong Kim pertama kali ditunjuk pada 2012, ada tekanan yang tumbuh dari negara-negara di bagian selatan untuk memilih kandidat dari negara berkembang.
Kim merupakan atasan Sri Mulyani ketika menjabat sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia. Sebagai atasan, Kim sempat sedih ketika mengetahui Sri Mulyani mengundurkan diri dari jabatan tersebut lantaran memilih menjadi Menteri Keuangan pada pemerintahan Jokowi.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan