Pertagas dan Chandra Asri Kerja Sama Kembangkan Pemanfaatan Gas untuk Petrokimia

1 Agustus 2022 18:09
·
waktu baca 2 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Penandatanganan MoU oleh PT Pertamina Gas (Pertagas) dan PT Chandra Asri Petrochemical.  Foto: Dok. PT Pertamina Gas
zoom-in-whitePerbesar
Penandatanganan MoU oleh PT Pertamina Gas (Pertagas) dan PT Chandra Asri Petrochemical. Foto: Dok. PT Pertamina Gas
ADVERTISEMENT
Afiliasi dari Sub Holding Gas Pertamina, PT Pertamina Gas (Pertagas) tengah membangun kerja sama dengan PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (TPIA). Kerja sama tersebut diresmikan melalui penandatanganan memorandum of understanding (MoU) tentang potensi dan analisa pemanfaatan fasilitas dan produk Gas Bumi di Graha Pertamina, Jakarta, Senin (1/8).
ADVERTISEMENT
Penandatanganan MoU dilakukan oleh Gamal Imam Santoso Direktur Utama PT Pertamina Gas, Edi Rivai selaku Direktur Legal External Affair & Circular Ekonomi PT Chandra Asri Petrochemical, dan Rully Aryawan selaku Supply Chain PT Chandra Asri Petrochemical.
Kedua belah pihak akan bersinergi untuk mengembangkan pemanfaatan produk gas bumi dan turunannya milik Pertagas untuk pemenuhan pabrik Chandra Asri di Cilegon, serta analisa pemanfaatan fasilitas Chandra Asri untuk pengembangan infrastruktur gas terminal Liquefied Natural Gas (LNG) atau jaringan distribusi pipa gas Pertagas.
Pertagas dan Chandra Asri akan bersinergi mengembangkan hasil pengolahan gas menjadi bahan baku untuk pipa jargas. Chandra Asri memiliki keunggulan dalam produksi bahan baku pipa PE 100 yang memiliki durabilitas tinggi dengan tingkat ketebalan (thickness) yang lebih tipis dibandingkan menggunakan material PE 80 yang umum biasa digunakan di jaringan gas rumah tangga (jargas).
ADVERTISEMENT
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Melalui kerja sama ini, produk tersebut nantinya akan dimanfaatkan pada pengembangan jargas di Pertagas Group, salah satunya jargas Jogja – Solo – Semarang. Melalui kerja sama ini tentunya akan menambah persentase tingkat komponen dalam negeri (TKDN) dalam proyek jaringan gas kota di Pertagas Group.
Edi Rivai selaku Direktur Legal External Affair dan Circular Ekonomi PT Chandra Asri Petrochemical menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pertagas yang telah membuka ruang kemitraan Bersama Chandra Asri.
"Terima kasih kepada Pertagas yang telah menangkap potensi bisnis bersama Chandra Asri. Pertagas memiliki portofolio yang baik dalam penyedia infrastruktur gas yang dibutuhkan Chandra Asri,” ujar Edi.
Edi mengatakan, pihaknya berkomitmen untuk menyediakan bahan baku jaringan pipa gas terbaik yang memenuhi seluruh standar SNI bagi Pertagas Sebagai salah satu tulang punggung sektor strategis di tanah air. Kerja sama ini akan mendukung langkah pertumbuhan industri petrokimia Indonesia dan memberikan potensi untuk mendorong optimalisasi Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) sebagai upaya mendukung program Pemerintah.
ADVERTISEMENT