kumparan
14 Maret 2019 11:30

Perubahan Wajah Pasar Ikan Modern Muara Baru yang Diresmikan Jokowi

Pasar Ikan Modern (PIM) Muara Baru
Pasar Ikan Modern (PIM) Muara Baru yang akan diresmikan Presiden Jokowi. Foto: Dok. Perum Perindo
Pasar Ikan Modern Muara Baru di Jakarta Utara akhirnya resmi beroperasi pada Rabu, malam (13/3). Peresmian pasar ikan modern tersebut dilakukan oleh Presiden Jokowi, ditemani oleh Menteri Kelautan Perikanan Susi Pudjiastuti dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.
ADVERTISEMENT
Sebelum resmi beroperasi, kumparan pernah mengunjungi pasar ikan modern ini pada akhir Januari 2019. Pada saat itu, memang progres pembangunan masih ada, walaupun secara fisik sudah mencapai 99 persen.
Pasar Ikan Modern, Muara Baru
Seorang pekerja di area Pasar Ikan Modern, Muara Baru, Jakarta, Kamis (7/2). Foto: Irfan Adi Saputra/kumparan
Saat itu, aktivitas penyelesaian pembangunan dilakukan oleh beberapa pekerja. Seperti mengebor tembok taman, pengecatan tembok bagian dalam, dan membersihkan area di lantai 2.
Tentu saja kondisinya masih sangat sepi. Masih terlihat juga pembatas yang terbuat dari seng antara pasar modern dan pasar lama atau yang sekarang disebut sebagai kios basah.
Pasar Ikan, Penjaringan, Jakarta Utara
Pedagang yang tidur di Pasar Ikan (lama) di Kawasan Penjaringan, Jakarta Utara. Foto: Abdul Latif/Kumparan
Berdasarkan informasi terbaru, Pasar Ikan Modern Muara Baru memisahkan kios basah (wet market) dengan kios kering (dry market). Untuk kios basah ada 894 unit, sedangkan kios kering ada 155 unit. Fasilitas lain yang terdapat di sini yakni cold storage, food court, ruang pengepakan, Instalasi Pengolahan Limbah (IPALI), klinik, ATM, ruang pertemuan, dan masjid.
Pasar Ikan, Penjaringan, Jakarta Utara
Tempat pengolahan limbah styrofoam di Pasar Ikan, kawasan Penjaringan, Jakarta Utara. Foto: Abdul Latif/kumparan
Secara fisik, Pasar Ikan Modern Muara Baru memang unik. Desainnya minimalis, pada bagian depan bangunan terdapat corak ornamen mirip ikan-ikan laut. Desain dirancang membuat pengunjung merasa lebih segar berada di area pasar ikan modern.
Pasar Ikan Modern, Muara Baru
Seorang pekerja mendorong gerobak di area Pasar Ikan Modern, Muara Baru, Jakarta, Kamis (7/2). Foto: Irfan Adi Saputra/kumparan
Jika diperhatikan kawasan ini nantinya sangat cocok dijadikan salah satu wisata kuliner baru. Selain berbelanja, pengunjung juga bisa mencicipi ikan laut segar secara langsung di sana.
ADVERTISEMENT
Selain itu, yang tak kalah menarik adalah penataan tiap-tiap area sangat rapi. Mungkin ini yang membuat pasar ikan modern ini layak untuk dikunjungi. Ada area khusus pengolahan limbah, area pengepakan ikan saat baru datang, dan food court yang terletak di lantai 2.
Pasar Ikan Modern (PIM) Muara Baru, Pedagang Ikan
Persiapan pedagang ikan di Pasar Ikan Modern (PIM) Muara Baru jelang peresmian. Foto: Iqbal Firdaus/kumparan
Area pasar modern juga tersedia masjid yang bersih dan bagus. Bagunannya selaras dengan pasar ikan modern, minimalis. Pada waktu itu, kumparan berkesempatan mencoba beribadah di sana.
Sebagian pedagang dan pembeli berkumpul di masjid itu pada saat jam-jam salat. Mereka membicarakan banyak hal, sebagian yang lain melakukan istirahat siang lantai depan masjid.
Pengerjaan Pasar Ikan Modern di Pelabuhan Muara Baru
Pengerjaan Pasar Ikan Modern di Pelabuhan Muara Baru, Jakarta Utara Foto: Iqbal Firdaus/kumparan
Nantinya, Pasar Ikan Modern Muara Bara beroperasi mulai pukul 16.00 WIB hingga 00.00 WIB. Di sini konsumen dapat membeli berbagai jenis ikan. Ada udang, cumi, gurita, sotong, tuna, tongkol, cakalang, bandeng, jambal, dan banyak lainnya. Pembeli juga dapat meminta ikan segarnya untuk diolah langsung menjadi masakan untuk disantap di food court lantai 3.
Pasar Ikan Modern (PIM) Muara Baru, Pedagang Ikan
Berbagai jenis ikan yang dijual di Pasar Ikan Modern (PIM) Muara Baru. Foto: Dok. Perum Perindo
Proyek Pasar Ikan Muara Baru dibangun dengan dana APBN 2018 sebesar Rp 150 miliar. Bangunan berlantai tiga ini dibangun mulai Februari 2018 oleh kontraktor BUMN, PT PP (Persero) Tbk.
Jokowi, Pasar Ikan Muara Baru, Penjaringan, Jakarta Utara
Presiden Joko Widodo didampingi Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti berbelanja usai meresmikan Pasar Ikan Modern Muara Baru di Jakarta. Foto: Antara/Akbar Nugroho Gumay
Apapun hasilnya nanti yang pasti pasar ikan modern ini merupakan sebuah inovasi yang diharapkan dapat berdampak pada keekonomian pedagang, dapat menjadi icon wisata kuliner di Jakarta dan mengubah citra pasar ikan yang jorok.
ADVERTISEMENT
"Karena kita sudah bisa membalik persepsi. Dulu persepsi banyak orang yang namanya pasar ikan kotor, becek, bau, dan enggak nyaman. Ya tadi itu. Tapi ini saya kan belum masuk Pasar Ikan Modern Muara Baru persepsi kalau dari luar saya belum masuk ya kelihatannya bersih, nyaman, dan tidak kalah dengan tempat belanja di mal," kata Jokowi di sela-sela peresmian Pasar Muara Baru, Jakarta Utara, Rabu (13/3).
Pasar Ikan Modern (PIM) Muara Baru
Pasar Ikan Modern (PIM) Muara Baru yang akan diresmikan Presiden Jokowi. Foto: Dok. Perum Perindo
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan