kumparan
5 Mar 2018 10:22 WIB

Perusahaan Asuransi AXA Makin Mantap Beli XL Group Rp 150 Triliun

PT Axa Life Indonesia (Foto: Dok. axa-insurance.co.id)
Perusahaan asuransi asal Prancis, AXA, makin mantap untuk membeli grup perusahaan asuransi dan reasuransi XL Group Ltd. Saat ini, AXA dikabarkan tengah dalam pembicaraan lanjutan membahas transaksi tersebut.
ADVERTISEMENT
“Valuasi dari rencana pembelian ini sebesar USD 11 billion (sekitar Rp 150 triliun dengan kurs Rp 13.700),” kata salah seorang yang mengetahui masalah ini seperti dikutip Forbes, Senin (5/3).
Menurut sumber tersebut, rencananya kesepakatan kedua perusahaan ini akan diumumkan dalam beberapa hari ke depan. Meski begitu, hingga saat ini belum ada pernyataan resmi dari AXA. 
Pada November lalu, AXA mengatakan akan mempersempit fokus akuisisi ke 16 negara utama, yakni sepuluh di negara maju, di antaranya Jerman, Prancis, Belgia, Italia, dan Amerika Serikat. 
Enam negara lainnya berada di pasar negara berkembang, yaitu Brazil, China, Indonesia, Meksiko, Filiphina, dan Thailand. Negara-negara tersebut menyumbang hampir 90% keuntungan untuk AXA. 
Di Indonesia sendiri, salah satu anak perusahaan AXA, yakni PT Axa Life Indonesia telah berhenti beroperasi. Bisnis asuransi perusahaan tersebut telah dikonsolidasikan ke dalam PT Axa Financial Indonesia. Penggabungan tersebut telah mendapat persetujuan dari OJK melalui Surat Keputusan S-131/D.05/2017 tanggal 2 Oktober 2017.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan