kumparan
25 Oktober 2019 19:55

Pesan Sri Mulyani ke Suahasil dan Ucapan Terima Kasih ke Mardiasmo

Sri Mulyani
Menteri Keuangan Sri Mulyani di Istana Merdeka, Jakarta. Foto: ANTARA FOTO/Wahyu Putro A
Jabatan Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo telah resmi pindah ke Suahasil Nazara. Mantan Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) ini bakal mendampingi Menteri Keuangan Sri Mulyani selama lima tahun ke depan.
ADVERTISEMENT
Sebagai pimpinan, Sri Mulyani pun memberikan pesan-pesan ke Suahasil. Dia menyebut, tantangan ekonomi ke depan semakin sulit. Karena itu, perlu ada perhatian yang lebih dalam lagi untuk menjaga stabilitas ekonomi nasional.
"Ke depan tantangan ekonomi tidak mudah, setiap zaman ada pimpinannya, ini ekonomi global dan arah kebijakan fiskal. Kita harus mengutamakan instrumen fiskal, penerimaan negara, pembiayaan, kekayaan dan inovasi dan keluar dari rutinitas," kata dia usai menyaksikan serah terima jabatan Mardiasmo ke Suahasil di Kementerian Keuangan, Jakarta, Jumat (25/10).
POTRAIT, Suahasil Nazara, Wakil Menteri Jokowi
Calon Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara usai bertemu Presiden Joko Widodo di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (25/10/2019). Foto: ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Karena itu, kata dia, kerja-kerja di Kementerian Keuangan ke depannya harus lebih lincah lagi. Sri Mulyani percaya, dengan pengalaman Suahasil dan titah yang diberikan Mardiasmo ke pria asal Nias tersebut bisa membuat sektor keuangan lebih kuat.
ADVERTISEMENT
Dia juga tak ingin dengan terpilihnya kembali dia sebagai Menteri Keuangan, rutinitas kerja di kementerian akan sama dengan periode lalu. Sri Mulyani menyebut, dia punya banyak pikiran untuk kebijakan keuangan ke depannya.
Kata dia, Presiden Joko Widodo memberi pesan, Kementerian Keuangan harus mampu membelanjakan dan mengelola kekayaan negara.
"Anda salah, karena saya punya banyak pemikiran untuk reformasi dan eksperimen yang besar. Jadi saya akan terus-menerus meminta Kemenkeu agar makin lincah karena tantangan tidak mudah. Saya harapkan ke bapak Suahasil, bisa bekerja dengan emotional intelligence dan empati," jelas dia.
Ucapan Terima Kasih kepada Mardiasmo
Diskusi FMB9, Mardiasmo
Wakil Menteri Keuangan RI, Mardiasmo, saat diskusi FMB9 dengan tema "Tarif Iuran BPJS" Di Gedung Serbaguna Kemkominfo, Jakarta. Foto: Irfan Adi Saputra/kumparan
Dalam kesempatan yang sama, Sri Mulyani juga mengucapkan terima kasih kepada Mardiasmo. Baginya, Mardiasmo adalah teman perjalanan dan seperjuangan dalam membangun Indonesia yang dapat diandalkan.
ADVERTISEMENT
Menurut Sri Mulyani, Mardiasmo selalu bisa mengimplementasikan arahan. Kata dia, dirinya juga pasti memikirkan pemikiran yang secara cepat direalisasikan ke masyarakat. Tapi kadang sering menghadapi kelembagaan yang mengikat terlalu kencang.
"Sebagai seorang akuntan, Prof Mardiasmo adalah figur yang tepat. Jadi, mengutip ucapan Pak Jokowi, kalau Pak Mo selain sent, juga deliver. Saya punya Wamenkeu yang detail dan mendalam. Pengalaman Pak Mardiasmo bisa menjadi pelajaran sehingga transisi ini berjalan baik," kata dia.
Sertijab, Wakil Menteri Keuangan, Mardiasmo, Suahasil Nazara
Serah terima jabatan Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo ke Suahasil Nazara di Gedung Djuanda Kementerian Keuangan, Jumat (25/10/2019). Foto: Ema Fitriyani/kumparan
Sri Mulyani percaya, ketekunan dan ketelitian seorang Mardiasmo juga karena ada istri yang hebat di belakangnya. Itu juga yang membuat Mardiasmo bisa mengkuliahkan anak-anaknya hingga S3 tanpa tergiur dari uang korupsi.
Karena kedekatannya dengan Mardiasmo, Sri Mulyani ingin sertijab hari ini hanya seremonial, bukan perpisahan. Dia ingin, Mardiasmo tetap menjadi bagian keluarga besar Kementerian Keuangan.
ADVERTISEMENT
"You are still part of us, our family. Meskipun sudah tidak menjabat, terus merasa di sia-sia. Tidak, kita tetap keluarga untuk negeri ini, menjaga keuangan negara. Terima kasih setulus-tulusnya dan sebesar-besarnya," ungkapnya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan