Bisnis
·
21 November 2020 6:35

Populer: Rekrutmen CPNS Dibuka Lagi dan China Sonangol Digugat PKPU

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Populer: Rekrutmen CPNS Dibuka Lagi dan China Sonangol Digugat PKPU (15569)
Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS Pemkot Bandung yang diadakan di Graha Batununggal Bandung. Foto: Rachmadi Rasyad/kumparan
Pemerintah telah menetapkan bakal membuka lagi penerimaan CPNS pada tahun 2021. Rekrutmen CPNS untuk tahun depan itu diprioritaskan bagi guru, tenaga kesehatan, dan tenaga teknis.
ADVERTISEMENT
Selain soal CPNS, berita perusahaan patungan milik Media Group dan China Sonangol Land, yakni China Sonangol Media Investment (CSMI) digugat Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU) juga menjadi berita populer kumparanBisnis pada Jumat (20/11). Berikut kumparanBisnis rangkum berita populer yang terjadi kemarin.

Rekrutmen CPNS Dibuka Lagi di 2021, Diusulkan 334.041 Formasi

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menteri PANRB), Tjahjo Kumolo, mengatakan bahwa rekrutmen CPNS untuk tahun depan itu diprioritaskan bagi guru, tenaga kesehatan, dan tenaga teknis. Kebutuhan formasi tersebut bakal disesuaikan dengan penanganan pandemi COVID-19.
Populer: Rekrutmen CPNS Dibuka Lagi dan China Sonangol Digugat PKPU (15570)
Menteri PANRB, Tjahjo Kumolo. Foto: Kementerian PANRB
Kepala Biro Humas Kementerian PANRB, Andi Rahadian, membenarkan adanya rencana pemerintah melakukan penerimaan CPNS tahun depan. Kendati begitu, Andi belum bisa memastikan kapan pastinya rekrutmen dimulai.
ADVERTISEMENT
"Betul, akan ada pengadaan/rekrutmen CPNS pada tahun 2021. Namun, untuk waktu pengumumannya masih sedang kami pastikan," ujar Andi kepada kumparan, Jumat (20/11).
Menurut Tjahjo, hingga September 2020, kementerian dan lembaga serta pemerintah daerah telah mengusulkan 334.041 formasi CPNS. Dengan rincian sebanyak 104.196 untuk pemerintah pusat, serta usulan pemda sebanyak 229.845 formasi.

Perusahaan Surya Paloh dan China Sonangol Digugat PKPU

China Sonangol Media Investment (CSMI) digugat Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU) di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.
CSMI digugat karena menunggak pembayaran pada proyek gedung pencakar langit Indonesia One yang bernilai Rp 8 triliun. Lokasi proyek berada di jantung kota Jakarta.
Gugatan dilayangkan oleh kontraktor Kerjasama Operasi (KSO) dari PT Acset Indonusa Tbk atau Acset bersama China Construction Eighth Enginering Divison Corp Ltd atau CCEED dan PT Bintai Kidenko Engineering Indonesia pada tanggal 12 November 2020.
ADVERTISEMENT
CEO Media Group, Moh. Mirdal Akib mengatakan China Sonangol Media Investment atau CSMI adalah entitas bisnis yang seluruh kegiatan operasionalnya tidak terkait dengan Media Group.
“Pengaduan yang dilakukan oleh mitra bisnis CSMI ke PKPU adalah langkah bisnis biasa yang tidak ada keterkaitan dengan Media Group," ujar Moh. Mirdal Akib kepada kumparan.