Populer: Sulawesi Punya Kereta Api Pertama; Tunjangan PNS 50 Persen di THR

30 Maret 2023 3:55 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
1
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Presiden Joko Widodo menjajal Kereta Api Lintas Makassar-Parepare dari Depo Kereta Api Maros menuju Stasiun Rammang-Rammang, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, Rabu (29/3/2023).  Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden
zoom-in-whitePerbesar
Presiden Joko Widodo menjajal Kereta Api Lintas Makassar-Parepare dari Depo Kereta Api Maros menuju Stasiun Rammang-Rammang, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, Rabu (29/3/2023). Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Presiden Jokowi meresmikan kereta api pertama di Sulawesi yang melayani rute Makassar-Parepare. Selain rute kereta api, Jokowi juga akan meresmikan Depo Sarana Kereta Api di maros. Ini menjadi berita yang paling banyak dibaca di kumparanBisnis pada Rabu (29/3).
ADVERTISEMENT
Selain itu, juga ada artikel mengenai pemerintah memutuskan untuk memangkas Tunjangan Hari Raya (THR) keagamaan untuk para Aparatur Sipil Negara (ASN) hingga pensiunan tahun ini. Berikut rangkuman berita populer di kumparanBisnis pada Rabu (29/3).
Sulawesi Punya Kereta Api Pertama
Untuk pertama kalinya Sulawesi memiliki transportasi kereta api. Angkutan publik massal yang melayani rute Makassar-Parepare itu, diresmikan Presiden Jokowi pada Rabu (29/3).
Sebelum peresmian, kereta api tersebut lebih dulu diuji coba oleh Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi. "Harapan kita besok (hari ini), Pak Presiden Jokowi bisa meresmikan dan juga menyaksikan keindahan alam di Rammang-Rammang," kata Menhub melalui keterangan resmi, dikutip Rabu (29/3).
Selain rute kereta api, Presiden Jokowi juga akan meresmikan Depo Sarana Kereta Api di Maros yang merupakan tempat pengujian, pemeriksaan, serta perawatan kelaikan operasi sarana perkeretaapian.
ADVERTISEMENT
Pada kesempatan itu, Menhub menjajal kereta rel diesel listrik (KRDE) buatan dalam negeri dari PT INKA. Kereta rel diesel listrik inilah yang akan melayani masyarakat dari Depo Maros ke Stasiun Rammang-Rammang.
Pada Desember 2022 lalu, Budi Karya bersama kumparan juga sudah mencoba perjalanan kereta api tersebut. Ada 10 stasiun pada rute sepanjang kurang lebih 80 kilometer antara Makassar dan Parepare.
Kesepuluh stasiun tersebut adalah Stasiun Garongkong, Stasiun Barru, Stasiun Tenete Rilau, Stasiun Mandalle, Stasiun Mangilu, Stasiun Ma’rang, Stasiun Labakkang, Stasiun Pangkajene, Stasiun Rammang-Rammang, dan Stasiun Maros.
Menhub menjelaskan, proyek kereta api Makassar-Parepare merupakan bagian dari pembangunan KA Trans Sulawesi. Dari total panjang jalur KA Makassar-Parepare 145 km, yang sudah terbangun sepanjang 120 km. Sementara yang siap dioperasikan sepanjang 80 km dari Stasiun Maros di Makassar sampai Stasiun Garongkong di Kabupaten Barru.
ADVERTISEMENT
Tunjangan PNS 50 Persen di THR
Pemerintah bakal mencairkan THR keagamaan untuk para ASN hingga pensiunan, mulai 4 April 2023.
Sejumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemprov DKI Jakarta mengikuti Upacara HUT ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia di Kawasan Pantai Maju atau pulau D Reklamasi, Jakarta Utara, Sabtu (17/8). Foto: Helmi Afandi/kumparan
Menteri Keuangan Sri Mulyani mengungkapkan, komponen THR terdiri dari gaji atau pensiunan pokok, tunjangan yang melekat (tunjangan keluarga, tunjangan pangan, tunjangan jabatan struktural/fungsional/umum), serta 50 persen tunjangan kinerja (tukin) per bulan.
Dia menjelaskan, pemberian tunjangan kinerja secara tidak penuh dikarenakan masih banyaknya tantangan, di tengah pemulihan ekonomi.
"Tahun 2023 penanganan COVID-19 masih tetap terkendali. Namun pemulihan ekonomi menghadapi tantangan global yang sangat tidak pasti terutama dalam bentuk perlambatan ekonomi global, kondisi geopolitik yang mempengaruhi ekonomi dan tren kebijakan moneter untuk menangani inflasi yang cenderung ketat," kata Sri Mulyani dalam konferensi pers, Rabu (29/3).
ADVERTISEMENT
Oleh karena itu, kebijakan pemberian THR dan gaji ke-13 disesuaikan dengan kondisi keuangan negara saat ini dan diatur melalui Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 15 Tahun 2023.
"Maka kebijakan pemberian THR dan gaji ke-13 disesuaikan dengan tantangan dan kondisi saat ini," terang dia.
Adapun anggaran yang digelontorkan pemerintah senilai Rp 38,9 triliun dari tiga pos yang berbeda. Pertama, dari pos Kementerian dan Lembaga (K/L) sebesar Rp 11,7 triliun untuk pembayaran THR ASN Pusat, Prajurit TNI/Polri dan pejabat negara.
Kedua berasal dari Dana Alokasi Umum (DAU) sebesar Rp 17,4 triliun untuk ASN Daerah, yaitu PNS Daerah dan PPPK. Ketiga berasal dari pos Bendahara Umum Negara (BUN) sebesar Rp 9,8 triliun untuk para pensiunan dan penerima pensiun.
ADVERTISEMENT
THR di tahun 2023 akan diberikan untuk seluruh ASN yang terdiri dari 1,8 juta ASN pusat yakni pejabat negara hingga TNI/Polri. Serta 3,7 juta ASN Daerah dan 2,9 juta pensiunan.