Bisnis
·
19 Oktober 2020 6:06

Populer: UU Cipta Kerja Atur Tarif Tiket Pesawat, Harga Cabai-Bawang Merah Naik

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Populer: UU Cipta Kerja Atur Tarif Tiket Pesawat, Harga Cabai-Bawang Merah Naik (32092)
Lion Air dan Garuda Indonesia di Bandara Internasional Soekarno-hatta, Jakarta. Foto: AFP/Adek BERRY
Kemenhub sedang menyiapkan peraturan untuk maskapai penerbangan setelah disahkannya UU Cipta Kerja. Salah satu yang menarik perhatian publik adalah terkait batas tarif atas dan bawah.
ADVERTISEMENT
Kabar tersebut menjadi salah satu berita populer di kumparanBisnis. Selain itu, berita mengenai bahan pokok yang mulai merangkak naik seiring masuknya musim hujan.
Berikut ini selengkapnya berita populer kumparanBisnis sepanjang hari Minggu (18/10):

UU Cipta Kerja Atur Tarif Tiket Pesawat

Juru Bicara Kemenhub, Adita Irawati, mengatakan saat ini sedang disiapkan berbagai peraturan berkaitan dengan maskapai. Peraturan tersebut termasuk revisi kebijakan usai adanya UU Cipta Kerja.
Adita belum membeberkan berapa atau peraturan apa saja yang bakal direvisi. Namun, ia menegaskan dalam waktu dekat bakal mengajak pihak terkait untuk membahasnya.
Salah satu peraturan yang mencuat saat ini adalah penentuan tarif atas dan tarif bawah. Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra, mengungkapkan sampai saat ini kebijakan tersebut baru akan dibahas. Ia percaya UU Cipta Kerja berdampak positif ke maskapai.
ADVERTISEMENT
"Masih mau dibahas. Tapi yakin bahwa isinya pasti akan membuat industri ini makin maju," ujar Irfan.
Sementara itu, Corporate Communications Strategic of Lion Air, Danang Mandala Prihantoro, belum bisa memberikan keterangan lebih jauh mengenai UU Cipta Kerja termasuk dari segi penetapan tarif tiket pesawat.
Meski begitu, Danang memastikan selama ini pihaknya siap mengikuti ketentuan yang dibuat oleh pemerintah.
Populer: UU Cipta Kerja Atur Tarif Tiket Pesawat, Harga Cabai-Bawang Merah Naik (32093)
Pembeli memilih cabai merah. Foto: ANTARA FOTO/Arnas Padda
Harga Cabai dan Bawang Merah Naik
Salah satu penjual sayuran di Pasar Anyar, Kota Bogor, Nasir, mengatakan hujan membuat beberapa harga naik. Salah satunya cabai merah sepekan ini mengalami kenaikan sebelumnya Rp 15 ribu per kg menjadi Rp 25 ribu per kg.
Selain cabai, komoditas lain yang juga merangkak naik adalah bawang merah. Kata dia, biasanya 1 kg dijual Rp 28 ribu, sekarang sekitar Rp 32 ribu per kg. Kenaikan juga terjadi pada bawang putih. Sebelumnya dijual Rp 20 ribu per kg, sekarang Rp 23 ribu per kg.
ADVERTISEMENT
Penjual lain di Pasar Anyar, Mahmud, mengungkapkan sayur-mayur juga naik tetapi tidak signifikan atau hanya rata-rata Rp 500 per kg. Dia menyebutkan tomat dijual Rp 7 ribu per kg, timun Rp 7 ribu per kg, dan kentang Rp 12 ribu per kg.
Sedangkan harga daging ayam dan sapi di pasar ini terpantau stabil. Daging ayam per kg dijual Rp 33 ribu dan daging sapi Rp 110 ribu per kg.