Profil Tigor M. Siahaan, Bankir Kawakan yang Mundur dari CIMB Niaga

22 Oktober 2021 19:24
·
waktu baca 2 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Profil Tigor M. Siahaan, Bankir Kawakan yang Mundur dari CIMB Niaga (20051)
zoom-in-whitePerbesar
CEO CIMB NIAGA, Tigor M Siahaan di Kantor kumparan Jalan Jati Murni No. 1A, Jati Padang, Jakarta Selatan. Foto: Dicky Adam Sidiq/kumparan
ADVERTISEMENT
Tigor M. Siahaan mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Direktur Utama (Dirut) PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga). Dia merupakan bankir kawakan yang malang-melintang di dunia perbankan.
ADVERTISEMENT
Pengunduran diri Tigor disampaikan ke manajemen CIMB Niaga pada Kamis (21/10), setelah enam tahun dia menduduki jabatan tersebut. Dia ditunjuk memimpin CIMB Niaga melalui RUPST 10 April 2015, meski jabatannya baru efektif tanggal 1 Juni 2015.
Sebelum di CIMB Niaga, Tigor berkarier di Citibank sejak 1995. Selama puluhan tahun di Citi, dia menempati beberapa jabatan penting, seperti Country Head for Institutional Clients Group, Head of Corporate & Investment Banking, dan Country Risk Manager.
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Dia juga pernah menjadi Vice President di Institutional Remedial Management Group di Kantor Pusat Citi yang berada di New York, Amerika Serikat, dari tahun 2000 hingga 2003.
Profil Tigor M. Siahaan, Bankir Kawakan yang Mundur dari CIMB Niaga (20052)
zoom-in-whitePerbesar
CEO CIMB NIAGA, Tigor M (kedua kanan) Siahaan di Kantor kumparan Jalan Jati Murni No. 1A, Jati Padang, Jakarta Selatan. Foto: Dicky Adam Sidiq/kumparan
Jabatan terakhir sebelum hijrah ke CIMB Niaga adalah Chief Country Officer Citi Indonesia (2011-2015). Dia menjadi orang Indonesia pertama yang menjabat posisi itu.
ADVERTISEMENT
Tigor M. Siahaan merupakan lulusan Finance and Accounting dari University of Virginia, Charlottesville, Amerika Serikat (AS). Selain karier profesionalnya, dia juga menduduki sejumlah posisi penting di organisasi. Misalnya, Komite Bilateral Indonesia-Malaysia Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) dari 2016, Wakil Ketua Perbanas (Asosiasi Bank Indonesia) dari 2016, Anggota Dewan Pembina JIS (Jakarta International School) dari 2014.
Tigor M. Siahaan juga menjadi mentor di Endeavour Indonesia dari 2012, Anggota Young Presidents Organization (YPO) Indonesia sejak 2008, Ketua APINDO (Asosiasi Pengusaha Indonesia) Bidang Perbankan, Jasa Keuangan & Perpajakan dari 2018, dan Wakil Ketua Ikatan Bankir Indonesia (IBI) dari 2019.