Bisnis
·
10 April 2021 19:12

Properti hingga Mobil di Jakarta Dilelang Mulai dari Rp 70 Jutaan, Minat?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Properti hingga Mobil di Jakarta Dilelang Mulai dari Rp 70 Jutaan, Minat? (480115)
Ilustrasi apartemen di Jakarta. Foto: Adek Berry/AFP
Pemerintah mengadakan lelang berbagai jenis aset dengan harga miring, di antaranya adalah mobil dan properti. Aset yang ditawarkan tersebut merupakan hasil sitaan kementerian dan lembaga, maupun bank.
ADVERTISEMENT
Berdasarkan penelusuran kumparan dalam laman resmi lelang.go.id, Sabtu (10/4), ada sejumlah mobil dan properti yang dilelang dengan harga miring di wilayah Kota Jakarta.
Berikut kumparan rinci beberapa lelang tersebut:

Toyota Rush

Satu unit Toyota Rush tahun pembuatan 2013 ini dilelang dengan nilai limit atau nilai terendah mulai dari Rp 76,7 juta. Mobil ini merupakan rampasan KPK.
Uang jaminan lelang tersebut sebesar Rp 15,6 juta. Uang jaminan ini akan dikembalikan sepenuhnya jika peserta tak memenangkan lelang. Batas akhir penawaran lelang tersebut hanya sampai 21 April 2021.
Skema lelang yang digunakan adalah closed bidding. Artinya, peserta lelang tak bisa mengetahui penawaran lelang yang dilakukan peserta lainnya.

Toyota Agya

Satu unit mobil Toyota Agya hasil rampasan KPK ini dilelang mulai dari Rp 80,5 juta. Tahun pembuatan mobil ini adalah 2018.
ADVERTISEMENT
Nilai jaminan untuk mengikuti lelang tersebut sebesar Rp 16,6 juta. Adapun batas akhir penawaran lelang adalah 21 April 2021. Penawaran lelang juga akan dilakukan dengan skema closed bidding.

Apartemen Seluas 36 m2

Apartemen yang dilelang ini merupakan sitaan BNI Kanwil Jakarta Kota. Satu unit apartemen di Laguna Pluit Tower B ini memiliki luas 36 m2, berada di kawasan Pluit, Jakarta Utara.
Nilai limit atau nilai terendah lelang tersebut dimulai dari Rp 182,1 juta. Adapun uang jaminan untuk lelang ini adalah Rp 91 juta. Jika peserta gagal memenangkan lelang, uang jaminan ini akan dikembalikan sepenuhnya.
Properti hingga Mobil di Jakarta Dilelang Mulai dari Rp 70 Jutaan, Minat? (480116)
Ilustrasi apartemen/hotel mewah. Foto: Nugroho Sejati/kumparan
Penawaran lelang akan dilakukan dengan skema closed bidding. Batas penawaran ini hanya sampai 27 April 2021.
ADVERTISEMENT

Kondominium Seluas 86 m2

Satu unit kondominium di kawasan Gunung Sahari, Jakarta Pusat ini dilelang mulai dari Rp 500 juta. Kondominium ini merupakan hasil eksekusi BRI Cempaka Mas.
Kondominium tersebut memiliki luas 86 m2, dengan nilai jaminan Rp 100 juta. Skema ini lelang ini ditawarkan dengan cara closed bidding. Batas akhir penawaran hanya sampai 14 April 2021.

Cara Daftar

Peserta yang berminat mengikuti lelang yang diselenggarakan Ditjen Kekayaan Negara Kementerian Keuangan itu harus memenuhi berbagai persyaratan.
Saat ini, pelaksanaan lelang juga sudah bisa dilakukan secara online melalui aplikasi lelang maupun laman resmi lelang.go.id.
Untuk menjadi peserta lelang, wajib memiliki akun di laman resmi lelang. Nah untuk mendapatkan akun tersebut, wajib melakukan registrasi terlebih dahulu.
ADVERTISEMENT
Registrasi pun sangat mudah. Anda cukup masuk ke menu Daftar, masukkan nama, NIK, alamat email, nomor handphone, dan password.
Setelah memiliki akun, Anda bebas memilih aset yang ingin Anda miliki. Pilih aset tersebut, klik Ikuti Lelang, nantinya Anda akan diarahkan untuk persyaratan dan ketentuan lainnya di laman tersebut.