PT Pos Indonesia Kembangkan Bisnis Kargo Udara ke Wilayah Timur dan Daerah 3T

7 September 2021 17:47
·
waktu baca 2 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
PT Pos Indonesia Kembangkan Bisnis Kargo Udara ke Wilayah Timur dan Daerah 3T (332963)
zoom-in-whitePerbesar
Pegawai PT Pos Indonesia (Persero) bersiap mengantarkan paket barang di Kantor Pos Kudus, Jawa Tengah, Selasa (4/5). Foto: Yusuf Nugroho/ANTARA FOTO
PT Pos Indonesia (Persero) mau meningkatkan kinerjanya dalam pengiriman kargo udara ke Indonesia bagian timur. Direktur Bisnis Kurir dan Logistik Pos Indonesia, Siti Choiriana, mengatakan langkah itu untuk mempermudah pelayanan ke masyarakat.
ADVERTISEMENT
"Pos Indonesia memiliki rencana mengembangkan bisnis kargo udara ke kawasan Indonesia timur dan daerah 3T sebagai upaya peningkatan efektivitas dan efisiensi dalam memperluas jaringan," kata Siti saat webinar yang digelar PTDI, Selasa (7/9).
Siti mengungkapkan, selama ini ada lebih dari 1.000 ton kargo per bulan yang harus diantarkan Pos Indonesia ke seluruh Indonesia termasuk daerah 3T. Dia berharap pihaknya bisa berkolaborasi dengan pihak terkait termasuk PT Dirgantara Indonesia (PTDI) dalam pengiriman logistik karena sudah ada pesawat N219.
"Kami sampaikan Pos Indonesia memiliki pengangkutan rutin melalui kargo udara yang pada hari ini lebih dari 1.000 ton per bulan ke seluruh wilayah Indonesia, yang mana beberapa daerah merupakan 3T memiliki akses jalur darat yang sulit," ujar Siti.
PT Pos Indonesia Kembangkan Bisnis Kargo Udara ke Wilayah Timur dan Daerah 3T (332964)
zoom-in-whitePerbesar
Layanan pengiriman Pos Indonesia ke luar negeri Quick International Xpress (QiX). Foto: Pos Indonesia
"Sehingga mau nggak mau kami harus menjalankan lewat udara dan harus kami jalankan secara efisien, bisa diakses melalui udara," tambahnya.
ADVERTISEMENT
Selain itu, Siti menjelaskan ada beberapa alasan dibutuhkannya pengiriman logistik melalui transportasi udara seperti kecepatan dalam proses distribusi. Ia menuturkan pesawat terbang bisa berpindah dari satu tempat ke tempat lain lebih cepat dibandingkan moda transportasi lain.
"Selanjutnya kapasitas durasi waktu pengiriman yang lebih baik. Jangkauan yang lebih luas karena pesawat dengan spesifikasi tertentu mampu menjangkau hingga daerah terdalam," tutur Siti.
"Kemudian keselamatan dan keamanan yang lebih baik karena pesawat terbang merupakan alat transportasi dengan tingkat keselamatan tertinggi," tambahnya.