PT SMI Salurkan Pembiayaan ke 6 Proyek KPBU, Penerangan Jalan hingga SPAM

21 April 2022 22:41
·
waktu baca 2 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
PT SMI Salurkan Pembiayaan ke 6 Proyek KPBU, Penerangan Jalan hingga SPAM (55270)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi sistem penyediaan air minum (SPAM). Foto: Antara/Nova Wahyudi
ADVERTISEMENT
PT Sarana Multi Infrastruktrur atau PT SMI hingga Maret 2022 ini telah menyalurkan pembiayaan untuk 6 proyek infrastruktur melalui skema kerja sama pemerintah dengan badan usaha (KPBU). Dari proyek KPBU tersebut paling banyak diminati adalah proyek untuk infrastruktur sistem penyediaan air minum (SPAM).
ADVERTISEMENT
“Sekarang SMI meng-handle kurang lebih 6 penugasan untuk penanganan KPBU, dari 6 ini kita sangat berharap keseluruhan proyek ini bisa kita deliver sampai transaksi itu closing,” kata Direktur Pembiayaan Publik dan Pengembangan Proyek PT SMI, Faaris Pranawa pada virtual conference, Kamis (21/4).
Dari enam proyek tersebut, dua di antaranya adalah infrastruktur SPAM, yakni SPAM Regional Cirebon Raya dan SPAM Kamijoro. Kemudian ada sektor penerangan jalan umum di Surakarta, kawasan Industri Bintuni, pengolahan sampah di Jatibarang dan Bendungan Merangin.
Untuk SPAM Regional Cirebon Raya, Faaris menjelaskan ada 5 Pemkot yang terlibat. Ditargetkan SPAM ini dapat menyediakan air bersih dengan kapasitas 1.500 liter per detik untuk wilayah Cirebon Raya.
Tahun lalu, PT SMI juga membiayai SPAM Peka Baru. Dari fasilitas tersebut Faaris menjelaskan dapat menyediakan air bersih dengan kapasitas 750 liter per detik untuk masyarakat perkotaan.
ADVERTISEMENT
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
“Kita punya pengetahuan untuk mengembangkan sektor air lebih cepat. Sektor air yang pertama KPBU yang kita handle itu sampai sekarang membuat sektor ini jadi sektor primadona,” kata Faaris.
Lebih lanjut Faaris mengatakan, KPBU menjadi salah satu opsi bagi penyediaan infrastruktur yang menarik bagi pemerintah. Dengan keterbatasan anggaran, menurutnya KPBU jadi opsi yang layak dipertimbangkan.
“Kalau kita lihat sekarang banyak inisiatif pemerintah pusat maupun daerah yang mengarah kepada KPBU baik size kecil maupun size besar,” katanya.
***
Ikuti giveaway kumparanBISNIS dan dapatkan hadiah saldo digital total Rp 1,5 Juta, klik di sini. Kegiatan giveaway ini terbatas waktunya, ayo segera gabung!