kumparan
26 Mei 2018 16:30

PTPN III Produksi Teh Putih, Harganya Rp 1,7 Juta per Kg

Ilustrasi kebun teh
Ilustrasi kebun teh (Foto: Raisan Al Farisi/Antara)
PT Perkebunan Nusantara III (Persero) mempersiapkan langkah untuk meningkatkan produksi teh Indonesia khususnya teh putih (white tea). Direktur Utama PTPN III Dolly P Pulungan mengatakan saat ini produksi dan pangsa pasar teh putih masih minim.
ADVERTISEMENT
“Produksi kita kan ada teh hijau, teh hitam dan teh putih. Teh putih masih minoritas, produksinya 10% dari total keseluruhan teh. Masih kalah dengan teh hitam,” ungkap Dolly di Ranca Upas, Ciwidey, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Sabtu (26/05).
Menurut Dolly, total produksi ketiga jenis teh tersebut mencapai 30.000 hingga 50.000 ton per tahun. Namun saat ini jenis teh yang paling banyak dicari adalah teh hijau dan teh putih. Sehingga ke depan, Dolly mengungkapkan pihaknya akan lebih menggenjot produksi teh hijau dan teh putih.
Ilustrasi kebun teh
Ilustrasi kebun teh (Foto: Raisan Al Farisi/Antara)
“Nanti jenis teh yang tidak terlalu baik marketnya akan kita ganti. Saat ini permintaan untuk teh hijau dan teh putih memang bagus,” ujarnya.
Apalagi menurut Dolly, harga teh putih cukup tinggi. “Kalau white tea bulky atau curah harganya Rp 1,75 juta per kg. Kalau white tea kemasan per 50 gram sekitar Rp 250 ribuan. Yang langsung siap konsumsi itu ya,” ujar Dolly.
ADVERTISEMENT
Selain itu untuk tahun ini, Dolly menargetkan produksi ketiga jenis teh dapat bertumbuh.
“Kalau lihat cuaca kayak gini, panasnya banyak, bisa tumbuh 5%-10%,” tutupnya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan