Puan Desak Pemerintah Terbuka soal Penyebab Kepala dan Wakil Otorita IKN Mundur

4 Juni 2024 14:31 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Ketua DPR RI Puan Maharani usai rapat paripurna, Selasa (4/6/2024). Foto: Haya Syahira/kumparan
zoom-in-whitePerbesar
Ketua DPR RI Puan Maharani usai rapat paripurna, Selasa (4/6/2024). Foto: Haya Syahira/kumparan
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Ketua DPR RI Puan Maharani, menanggapi soal mundurnya Bambang Susantono dan Dhony Rahadjoe dari jabatan mereka sebagai Kepala dan Wakil Kepala Otorita IKN (OIKN).
ADVERTISEMENT
Puan meminta pemerintah transparan terkait penyebab mundurnya kedua pimpinan OIKN tersebut. Dia juga berharap keputusan tersebut tidak menghambat pembangunan IKN.
"DPR mengharapkan agar pemerintah bisa transparan bisa menjelaskan kenapa Ketua dan Wakil Ketua Otorita IKN itu mundur," katanya kepada awak media, Selasa (4/6).
"Kemudian semoga mundurnya Ketua dan Wakil Ketua Otorita IKN itu tidak menghambat apa yang akan terjadi di kemudian hari terkait pelaksanaan IKN ke depan," lanjut Puan.
Selain itu, Puan menilai transparansi pembangunan IKN ini akan meningkatkan minat calon investor untuk menanamkan modalnya di IKN.
"Ya DPR berharap agar apa yang akan disampaikan pemerintah ini transparan sehingga investor nantinya tidak kemudian semakin tidak tertarik ke IKN dan pelaksanaan IKN itu bisa berjalan dengan target dengan pemerintah," tuturnya.
Presiden Jokowi dan Ketua DPR Puan Maharani bersama pimpinan redaksi nasional foto bersama di Titik Nol Nusantara. Foto: Dok. Istimewa
Puan juga menyarankan kepada pemerintah saat ini agar melibatkan tim pemerintahan baru Prabowo Subianto untuk pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OIKN.
ADVERTISEMENT
"Sebaiknya pemerintah sekarang berbicara dengan pemerintah yang akan datang siapa yang kemudian akan dipilih menjadi kepala IKN definitif yang akan datang," pungkasnya.
Sebelumnya, Bambang Susantono dan Dhony Rahajoe mundur dari jabatannya sebagai Kepala dan Wakil Otorita IKN (OIKN). Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) RI, Pratikno, dalam konferensi pers di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (3/6).
Posisi Bambang Susantono dan Dhony Rahadjoe digantikan sementara oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono sebagai Plt Kepala OIKN dan Wakil Menteri ATR/BPN Raja Juli Antoni sebagai Plt Wakil Kepala OIKN.