Bisnis
·
7 Desember 2020 12:39

Sah! Danareksa Sekuritas Ganti Nama Jadi BRI Danareksa Sekuritas

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Sah! Danareksa Sekuritas Ganti Nama Jadi BRI Danareksa Sekuritas (116666)
Direksi Danareksa Sekuritas. Foto: BRI
Perusahaan efek PT Danareksa Sekuritas, anak usaha PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI), resmi mengubah nama perusahaan menjadi PT BRI Danareksa Sekuritas. Keputusan ini berlaku efektif sejak 9 Oktober 2020 lalu. Namun peluncuran nama dan logo anyar, baru dilakukan siang ini, Senin (7/12) secara daring.
ADVERTISEMENT
Direktur Utama PT BRI Danareksa Sekuritas, Frederica Widyasari Dewi atau yang akrab disapa Kiki mengatakan, perubahan nama ini merupakan tonggak sejarah bagi perseroan. Sebab kini Danareksa bisa menyandang nama besar Bank BRI.
“Ini merupakan tonggak sejarah dan sesuatu yang penting bagi kami manajemen Danareksa Sekuritas karena sejak 2018, sebanyak 67 persen saham telah dibeli oleh Bank BRI dan Alhamdulillah saat ini kita akan mengubah nama kita. Alhamdulillah boleh menggunakan nama besar BRI dengan tetap mempertahankan nama Danareksa sehingga menjadi BRI Danareksa Sekuritas,” ujar Kiki dalam Webinar Sharia Investment: Gaining Momentum in Indonesia Economic Recovery, Senin (7/12).
Kiki menceritakan, nama Danareksa tetap dipertahankan karena perseroan memiliki sejarah dan rekam jejak yang panjang. Menurut Kini, Danareksa Sekuritas lahir bersamaan dengan munculnya Bursa Efek Indonesia (BEI).
Sah! Danareksa Sekuritas Ganti Nama Jadi BRI Danareksa Sekuritas (116667)
Direktur Utama BRI Danareksa Sekuritas, Friderica Widyasari Dewi. Foto: BRI
Dalam perjalanannya, Danareksa Sekuritas telah banyak hadir dalam milestone pertumbuhan pasar modal Indonesia. “Seperti contohnya reksa dana syariah pertama, kemudian penjaminan emisi yang pertama di pasar modal dan sebagainya. Karena rekam kerja uang panjang dan pengalaman yang panjang Alhamdulillah nama Danareksa tetap dipertahankan,” ujarnya.
ADVERTISEMENT
Kiki pun berharap dengan pergantian nama dan logo yang baru ini, BRI Danareksa Sekuritas bisa semakin mendorong pertumbuhan pasar modal di Indonesia. “Insyaallah akan menjadi berkah yang lebih baik bagi kita semua,” ujarnya.
Seperti diketahui, Danareksa Sekuritas didirikan pada tahun 1992 dan menjadi anggota bursa dengan kode broker OD.
Danareksa Sekuritas menangani transaksi pasar modal, baik sebagai underwriter (penjamin emisi efek), broker (perantara pedagang efek), dan financial advisor.
Pada 27 September 2018, BRI menandatangani perjanjian jual-beli saham bersyarat dengan PT Danareksa (Persero) untuk mengakuisisi saham Danareksa Sekuritas dan anak usaha di bidang jasa manajemen investasi PT Danareksa Investment Management.
Total nilai transaksi perjanjian itu mencapai mencapai Rp 819 miliar. Nilai itu dikeluarkan perusahaan untuk mengambil alih kepemilikan 67 persen Danareksa Sekuritas dan 35 persen Danareksa Investment Management. Untuk Danareksa Sekuritas, BRI mengeluarkan dana sebesar Rp 447 miliar. Sementara untuk 35 persen saham Danareksa Investment Management, BRI merogoh kocek Rp 372 miliar.
ADVERTISEMENT