Bisnis
·
13 Januari 2021 17:28

Sambil Nikmati Danau Toba, Luhut Lobi Menlu China untuk Investasi di Indonesia

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Sambil Nikmati Danau Toba, Luhut Lobi Menlu China untuk Investasi di Indonesia (19394)
Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan saat berbincang denan Menlu China Wang Yi di Danau Toba, Sumatera Utara, Rabu (13/1/2020). Foto: Instagram/@luhut.pandjaitan
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, kembali mengajak Menteri Luar Negeri China, Wang Yi, mengelilingi Danau Toba.
ADVERTISEMENT
Ini merupakan hari kedua Luhut mengajak Wang Yi bersafari di kampung kelahirannya itu. Wang Yi sudah berada di Danau Toba sejak Selasa (12/1) hingga hari ini sebelum melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Jokowi.
Bagi Luhut, kampung halamannya itu membawa berkat buat Indonesia. Sebab, sembari menikmati pesona Toba, luhut berhasil menjalankan lobinya agar China mau investasi di Indonesia.
"Jika saya diminta menyebutkan satu kata tentang tanah kelahiran saya, Tanah Toba, saya akan memilih kata berkat. Karena setiap kali saya datang kembali ke sana, selalu ada cerita dan pengalaman yang berkesan," tulis Luhut dalam akun di Instagram resminya, Rabu (13/1).
Sambil Nikmati Danau Toba, Luhut Lobi Menlu China untuk Investasi di Indonesia (19395)
Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan saat berbincang denan Menlu China Wang Yi di Danau Toba, Sumatera Utara, Rabu (13/1/2020). Foto: Instagram/@luhut.pandjaitan
Setelah sebelumnya mengajak hiking sambil menikmati keindahan Danau Toba, kali ini Luhut menunjukkan pada rombongan delegasi China panorama perbukitan Kaldera.
ADVERTISEMENT
Lobi-lobi investasi sambil bersafari ini, dilakukan Luhut lantaran tahu Wang Yi punya hobi hiking. Sehingga dalam agenda berkeliling ini, ia manfaatkan untuk mengajak China agar mau berinvestasi di sektor pariwisata Indonesia.
Tak hanya itu, mereka juga membicarakan sejumlah proyek strategis hingga program pemulihan ekonomi nasional. Di Danau Toba itu juga, nota kesepahaman kedua negara ditandatangani.
"Saya berharap upaya kecil ini dapat menghasilkan manfaat dan berkat bagi kesejahteraan masyarakat Indonesia. Terutama bagi masyarakat Toba Samosir yang selalu punya rasa bangga dan cinta yang besar pada tanah kelahirannya," pungkas purnawirawan Jenderal TNI itu.