Sandiaga Uno Dorong Industri Film dan Animasi Bangkitkan Ekonomi RI

11 September 2021 9:19
·
waktu baca 1 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Menparekraf Sandiaga Uno dalam workshop KaTa Kreatif, Jumat (10/9). Foto: Dok. Istimewa
zoom-in-whitePerbesar
Menparekraf Sandiaga Uno dalam workshop KaTa Kreatif, Jumat (10/9). Foto: Dok. Istimewa
ADVERTISEMENT
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mendorong perekonomian Indonesia kembali bangkit. Salah satunya melalui industri film dan animasi.
ADVERTISEMENT
Dia mengatakan, hal itu dilakukan sekaligus untuk mengembangkan kota wisata demi peningkatan ekonomi di suatu wilayah. Sandi pun mencontohkan Kabupaten Bandung dan Kota Cimahi, yang banyak memiliki komunitas kreatif.
“Kami akan siapkan workshopnya, karena peningkatan ekonomi juga bukan hanya dari segi pariwisata, tapi ekonomi kreatifnya,” ujar Sandi dalam keterangannya, Sabtu (11/9).
Dia menegaskan, komunitas kreatif di Kabupaten Bandung dan Kota Cimahi juga mampu meningkatkan perekonomian wilayah tersebut. Melalui pengembangan program Kabupaten/Kota (KaTa) Kreatif, pihaknya mendorong peningkatan inovasi dan kewirausahaan di Kabupaten Bandung dan Kota Cimahi.
Sandi menjelaskan, program Pengembangan KaTa Kreatif merupakan program yang dilaksanakan sejak tahun 2016 dan hingga saat ini terus dikembangkan oleh Kemenparekraf.
Tahapan kegiatan dilakukan dimulai dari pemetaan dan pengusulan subsektor ekraf unggulan melalui kegiatan dengan Uji Petik terhadap empat unsur/elemen Penilaian Mandiri Kabupaten Kota Kreatif Indonesia (PKM3I), yaitu: 17 subsektor ekonomi kreatif; kreator/pelaku ekraf (ABCG-M); rantai nilai ekraf; dan keterkaitan backward-forward linkage. Semua unsur PMK3I ini dapat didalami lebih lanjut melalui website https://kotakreatif.kemenparekraf.go.id.
ADVERTISEMENT