Satgas Sebut Tower Gedung Kemenko di IKN Bisa Dipakai Secara Fungsional

11 Juli 2024 17:13 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Desain  Kantor Otorita IKN Foto: Dok. Istimewa
zoom-in-whitePerbesar
Desain Kantor Otorita IKN Foto: Dok. Istimewa
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Satgas Perencanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Kementerian PUPR melaporkan sejumlah tower gedung Kementerian Koordinator di IKN sudah dapat digunakan di gunakan secara fungsionalkan.
ADVERTISEMENT
Adapun Kantor Kementerian Koordinator 1 yang progresnya sudah mencapai 78,90 persen. Kantor ini akan ada 3 lantai yang fungsional pada acara 17 Agustus 2024 mendatang.
"Kemenko I ini untuk 17 Agustusan, maka 4 tower yang ada di sini ini akan fungsional, kapasitasnya itu ada kurang lebih 519 Aparatur Sipil Negara (ASN) bisa berkantor di situ," kata Ketua Satgas Perencanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Kementerian PUPR Imam S Ernawi, dalam konferensi pers secara virtual, Kamis (11/7).
Kemudian, Kantor Kementerian Koordinator 2. Imam mengatakan progresnya sudah mencapai 38,28 persen per 4 Juli 2024. Imam mengakui bahwa pembangunan Kantor Kementerian Koordinator 2 lebih lambat karena pembangunannya dimulai lebih akhir.
"Nah ini hanya ada 1 tower dari 4 tower yang ada, tapi kita usahakan targetnya 6 lantai di sini, di Kemenko II, itu 6 lantai, itu kurang lebih bisa menampung nanti 475 ASN," ujarnya.
Lapangan upacara Ibu Kota Nusantara (IKN). Foto: Otorita IKN
Selanjutnya, Kantor Kementerian Koordinator 3 sudah mencapai 85,88 persen, dan Kantor Kementerian Koordinator 4 sudah 88,22 persen prosesnya per 4 Juli 2024.
ADVERTISEMENT
"Kemenko 4 di sini berbagai lantai, dari seluruh lantai itu dari 4 tower itu akan fungsional. Tower 1 ada 3 lantai, tower 2 dan 4 ada 3 lantai, nah ini semua Kemenko ini kalau dengan target sebetulnya kita targetnya, karena nanti mengantornya itu baru Septemberan, maka target ini pasti di bulan September akan lebih baik," ujar Imam.
Sementara itu, pembangunan Kantor Presiden telah mencapai 88,54 persen dan Istana Negara (termasuk lapangan upacara) capai 82,73 persen per 4 Juli 2024.
"Kantor presiden sekarang juga sedang berproses. Juli ini adalah memang bulan yang kita sebut sebagai task and commissioning, jadi bulan uji coba, supaya Agustus bersih. Dulu waktu kita menetapkan bagaimana skenarionya menyiapkan target ini," kata Imam.
ADVERTISEMENT