Computer Assited Tes (CAT) CPNS

Sebanyak 3.364.897 Lolos Verifikasi Administrasi Tes CPNS

13 Januari 2020 14:21
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Sejumlah peserta mengikuti Seleksi Kompetensi (SKD) menggunakan sistem Computer Assited Tes (CAT) CPNS secara serantak. Foto: ANTARA FOTO/Adeng Bustomi
zoom-in-whitePerbesar
Sejumlah peserta mengikuti Seleksi Kompetensi (SKD) menggunakan sistem Computer Assited Tes (CAT) CPNS secara serantak. Foto: ANTARA FOTO/Adeng Bustomi
ADVERTISEMENT
Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN RB), mengumumkan 3.364.897 orang lolos lolos verifikasi administrasi tes CPNS. Ini merupakan bagian dari penerimaan CPNS tahun 2019 untuk mengisi 154.029 formasi.
ADVERTISEMENT
Menteri PANRB, Tjahjo Kumolo, mengatakan berdasarkan data SSCASN BKN, ada 4.197.218 orang yang mendaftar. Mereka memperebutkan 37.584 formasi di instansi pusat dan 116.445 formasi di instansi daerah.
"Angka ini menunjukkan besarnya antusiasme dan perhatian masyarakat terhadap rekrutmen CPNS," kata Tjahjo dalam keterangannya melalui pesan whatsapp, Senin (13/1).
Adapun proses seleksi kompetensi dasar Calon Pegawai Negeri Sipil atau CPNS akan dimulai pada 27-28 Januari 2020. Proses ujian akan dilakukan berbasis komputer dengan materi tes meliputi wawasan kebangsaan, tes intelegensi umum, dan teks karakteristik pribadi.
MenPAN-RB Tjahjo Kumolo saat pimpin sidang Badan Pertimbangan Kepegawaian (BAPEK) di KemenPAN-RB, Selasa (7/1).  Foto: Dok. Humas KemenPAN-RB
zoom-in-whitePerbesar
MenPAN-RB Tjahjo Kumolo saat pimpin sidang Badan Pertimbangan Kepegawaian (BAPEK) di KemenPAN-RB, Selasa (7/1). Foto: Dok. Humas KemenPAN-RB
"Panselnas CPNS mengucapkan terima kasih kepada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang telah bekerja keras dalam penyusunan naskah soal SKD," ujarnya.
Tjahjo mengatakan, setelah diserahkannya soal SKD, tim Panselnas akan melakukan proses pemasukan (input) ke dalam sistem CAT BKN yang akan digunakan dalam pelaksanaan seleksi.
ADVERTISEMENT
"Proses ini diperlakukan kehati-hatian, jaminan kerahasiaan, keamanan data," katanya.
Tjahjo berharap proses seleksi CPNS tahun 2019 bisa berlangsung aman, kompetitif, adil, transparan, dan bebas dari praktik KKN. Sehingga bisa menghasilkan CPNS yang berdaya saing, kompeten dan berintegritas.