Shell Indonesia Targetkan Tambah SPBU hingga 2 Kali Lipat hingga 2024

6 Agustus 2022 17:56
·
waktu baca 2 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Ilustrasi SPBU Shell. Foto: Sena Pratama/kumparan
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi SPBU Shell. Foto: Sena Pratama/kumparan
ADVERTISEMENT
Shell Indonesia menargetkan penambahan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) hingga dua kali lipat hingga tahun 2024. Saat ini tercatat jumlah SPBU milik Shell sebanyak 188 unit.
ADVERTISEMENT
Sejumlah 188 SPBU Shell tersebut tersebar di kawasan DKl Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Timur, dan Sumatera Utara.
Presiden Direktur dan Country Chair Shell Indonesia, Ingrid Siburian, memastikan komitmen Shell untuk terus mengembangkan bisnisnya di Indonesia. Meski begitu, dia tidak bisa mengungkap detail target bisnisnya secara spesifik.
"Mungkin kalau dari target kita harus coba lihat dulu marketnya, tapi pada intinya target (penambahan SPBU) kita adalah double jumlah SPBU dalam 2-3 tahun ke depan, double dari yang sekarang," ujarnya kepada wartawan di JCC Senayan, Sabtu (6/8).
Ingrid menambahkan, tidak hanya penambahan jumlah SPBU, tapi Shell juga hendak memperluas jangkauan SPBU ke daerah-daerah yang lebih kecil atau lapis kedua. tidak hanya menyasar kota besar.
ADVERTISEMENT
"Kita sekarang mulai masuk ke kota-kota lapis kedua, jadi misal tadinya hanya di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Medan, kita sekarang sudah mulai ke daerah Jombang, Cirebon, jadi mulai ke arah sana. Tentunya Shell akan terus berkembang," ungkapnya.
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Presiden Direktur dan Country Chair Shell Indonesia, Ingrid Siburian. Foto: Fariza Rizky Ananda/ kumparan
zoom-in-whitePerbesar
Presiden Direktur dan Country Chair Shell Indonesia, Ingrid Siburian. Foto: Fariza Rizky Ananda/ kumparan
Shell Buka Kemitraan untuk Berbisnis di SPBU
Adapun Shell juga saat ini membuka peluang bagi perusahaan untuk bermitra dengan SPBU Shell. Terdapat tiga skema kemitraan yang ditawarkan,pertama adalah Co-locator. Para mitra dapat menyewa tempat untuk membuka bisnisnya di area SPBU Shell atau disebut bisnis NFR (Non-Fuel Retail).
Lalu yang kedua, lanjut Ingrid, adalah Kemitraan Retailer, di mana Shell yang memiliki aset dan membangun SPBU, namun dioperasikan oleh mitra pengelola.
Selanjutnya skema ketiga adalah Kemitraan Dealer di mana mitra yang memiliki aset, membangun dan mengoperasikan SPBU dengan standar operasional Shell.
ADVERTISEMENT
Tercatat hingga Juli 2022, terdapat 155 tenant atau co-locator yang tersebar di 90 lokasi SPBU Shell di Jabodetabek, Bandung, Surabaya dan Medan. Merek-merek yang menjadi mitra co-locator Shell di antaranya adalah Chatime, Cupbop, Gindaco, McD, KFC, Kopi Kenangan, Hotdog Booth, Summer Minibar, Flash Coffee, Baso Afung, Shihlin, dan masih banyak lagi.
Selain itu, hingga Juli 2022, terdapat gabungan 90 retailer dan dealer yang menjalankan bisnis SPBU di 188 SPBU Shell yang tersebar di DKl Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Timur & Sumatera Utara.