Bisnis
·
22 Juli 2021 18:57
·
waktu baca 2 menit

Sri Mulyani Perpanjang Penundaan Bayar Pita Cukai hingga Oktober 2021

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Sri Mulyani Perpanjang Penundaan Bayar Pita Cukai hingga Oktober 2021 (163076)
searchPerbesar
Menteri Keuangan Sri Mulyani. Foto: Fanny Kusumawardhani/kumparan
Menteri Keuangan Sri Mulyani relaksasi jangka waktu penundaan pembayaran pita cukai bagi pelaku usaha. Relaksasi jangka waktu tersebut tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 93 Tahun 2021. Dalam beleid ini, penundaan pembayaran pita cukai bisa dilakukan menjadi tiga bulan, dari sebelumnya hanya dua bulan.
ADVERTISEMENT
“Untuk memberikan keberlanjutan dukungan dalam menjaga produktivitas dan arus kas pengusaha pabrik barang kena cukai di tengah pandemi COVID-19 yang masih berlangsung, perlu memberikan relaksasi penundaan pembayaran cukai untuk pengusaha pabrik,” ujar Sri Mulyani seperti dikutip dari beleid tersebut, Kamis (22/7).
Sesuai dengan ketentuan Pasal 2 PMK 57/2017, pengusaha pabrik yang melaksanakan pelunasan dengan cara pelekatan pita cukai dapat diberikan penundaan. Penundaan tersebut dapat diberikan selama dua bulan, terhitung sejak tanggal dokumen pemesanan pita cukai.
Namun, melalui PMK 93/2021, pemerintah memperpanjang jangka waktu penundaan tersebut menjadi 90 hari. Perpanjangan jangka waktu penundaan ini berlaku untuk dua ketentuan.
Pertama, pemesanan pita cukai dengan penundaan yang belum dilakukan pembayaran cukai sampai dengan jatuh tempo penundaan pada saat PMK 93/2021 berlaku. Kedua, pemesanan pita cukai dengan penundaan yang diajukan pada saat PMK 93/2021 berlaku sampai dengan 31 Oktober 2021.
ADVERTISEMENT
PMK 93/2021 ini berlaku mulai 12 Juli 2021. Namun demikian, jatuh tempo penundaan pembayaran cukai melewati 31 Desember 2021, maka tanggal jatuh temponya ditetapkan 31 Desember 2021.
Selain itu, pemberian penundaan selama 90 hari tersebut dapat diberikan setelah Kepala Kantor Bea dan Cukai atau Kepala Kantor Wilayah Bea dan Cukai menetapkan keputusan pemberian penundaan berdasarkan permohonan pengusaha pabrik.
Pengusaha pabrik juga harus menyerahkan jaminan yang akan dipergunakan untuk jangka waktu penundaan selama 90 hari. Adapun jaminan memang merupakan syarat untuk dapat memperoleh penundaan pembayaran cukai.
Dirjen Bea Cukai, Askolani, mengatakan relaksasi tersebut juga diberikan pada pelaku usaha pabrik yang telah memesan pita cukai dari tahun lalu.
“Intinya memberikan keringanan pembayaran pembelian pita cukai dari dua bulan menjadi tiga bulan. Kebijakan tersebut berlaku sampai Oktober 2021, setelah itu kembali ke dua bulan pelunasannya.
ADVERTISEMENT
Pemberian keringanan sampai tiga bulan tersebut, juga diberikan dalam tahun 2020 yang lalu,” kata Askolani.