Suharso Klaim Sudah Bereskan Semua Temuan BPK: Utang Kami Selesai

30 Agustus 2023 17:38 WIB
·
waktu baca 1 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Suharso Monoarfa di Gedung DPR, Senin (21/8/2023). Foto: Ghinaa Rahmatika/kumparan
zoom-in-whitePerbesar
Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Suharso Monoarfa di Gedung DPR, Senin (21/8/2023). Foto: Ghinaa Rahmatika/kumparan
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas), Suharso Manoarfa, memamerkan kinerja apik di depan anggota DPR. Suharso bilang, pihaknya sudah menyelesaikan seluruh temuan Badan Pengawas Keuangan (BPK) sejak 24 Agustus 2023.
ADVERTISEMENT
"Semua temuan dan rekomendasi BPK sudah kami laksanakan. Kami sudah tidak punya utang lagi," kata Suharso dalam Rapat Kerja Komisi XI DPR RI, Rabu (30/8).
"Utang kami ke BPK sudah selesai sejak 24 Agustus yang lalu," imbuhnya.
Dalam Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) 2022, BPK menemukan permasalahan terkait pembayaran pekerjaan jasa event organization (EO) pada penyelenggaraan event rangkaian G20 Development Working Group Presidensi Indonesia 2022. Pembayaran tersebut tidak didukung dengan bukti yang memadai, sehingga mengakibatkan kelebihan pembayaran.
Permasalahan lainnya yaitu terdapat kekurangan volume pada dua paket pekerjaan fasilitas sosial dan fasilitas umum Komplek Bappenas di Jatisampurna dan Jatisari. Selain itu, Kementerian PPN/Bappenas juga belum menetapkan waktu penyelesaian kerugian negara (TPKN).
Kementerian PPN/Bappenas memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) sebanyak 15 kali berturut-turut. Perolehan itu menjadi capaian instansinya secara berturut-turut sejak 2008.
ADVERTISEMENT
Adapun, sejak tahun 2005 hingga 2022, BPK menyampaikan 433 rekomendasi hasil pemeriksaan pada Kementerian PPN/Bappenas.