Syarat Gabung Mitra Program Minyak Goreng Rakyat, Bisa Untung Rp6 Juta per Bulan

19 Mei 2022 8:26
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Syarat Gabung Mitra Program Minyak Goreng Rakyat, Bisa Untung Rp6 Juta per Bulan (131382)
zoom-in-whitePerbesar
Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi meninjau lokasi penjualan minyak goreng curah Rp 14 ribu/liter. Foto: Dok. Istimewa
ADVERTISEMENT
Kementerian Perdagangan atau Kemendag telah membuat program minyak goreng rakyat, agar masyarakat bisa membeli minyak goreng curah seharga Rp 14 ribu per liter. Minyak goreng tersebut hanya tersedia di pedagang/pengecer yang telah terdaftar sebagai mitra ID FOOD dan Indomarco, sebagai distributor yang bekerja sama dengan Kementerian.
ADVERTISEMENT
Program minyak goreng rakyat ini pun menggunakan aplikasi digital, yakni aplikasi Gurih Indomarco dan Warung Pangan ID FOOD. Direktur Komersial ID FOOD, Ardiansyah Chaniago menjelaskan, hingga kemarin Rabu (18/5) malam, mitra Warung Pangan yang terdaftar program minyak goreng rakyat ini baru mencapai 386 mitra.
Sementara pihaknya menargetkan hingga akhir Mei ini ada 5.000 mitra Warung Pangan yang bergabung dengan program minyak goreng rakyat. Dirinya menjelaskan bagi pedagang/pengecer minyak goreng curah bisa mendaftar menjadi mitra.
“Ini terbuka (pendaftarannya), syaratnya mereka harus mau menjual minyak goreng curah dengan harga Rp 14 ribu per liter,” kata Ardiansyah kepada kumparan, Rabu malam (18/5).
Syarat Gabung Mitra Program Minyak Goreng Rakyat, Bisa Untung Rp6 Juta per Bulan (131383)
zoom-in-whitePerbesar
Ketersediaan minyak goreng kemasan di Pasar Mede, Cilandak, Jakarta Selatan, Selasa (17/5/2022). Foto: Galang/kumparan
Untuk saat ini, mitra Warung Pangan yang tergabung program minyak goreng rakyat masih di kawasan Jabodetabek saja. Adapun target 5.000 mitra ini nantinya akan dikembangkan ke daerah-daerah lainnya.
ADVERTISEMENT
“Terutama kita dahulukan yang yang dekat dengan titik produsen. Datanya akan berkembang terus. Kami akan share di dashboard yang bisa dipantau oleh stakeholders,” kata dia.
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Adapun bagi masyarakat yang ingin membeli minyak goreng curah Rp 14 ribu per liter di pedagang mitra, sementara hanya bisa mengecek di tempatnya langsung. Ardiansyah menjelaskan di setiap lokasi mitra akan dipasang spanduk program minyak goreng rakyat sebagai petunjuk.
Nantinya, kata dia, masyarakat bisa mengecek melalui laman warungpangan.com. “Warungpangan.com ini masih harus diupdate,” dia. Adapun aplikasi Warung Pangan sudah ada sejak lama dengan mitra tersebar di wilayah Jabodetabek, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Solo, Surabaya hingga Pangkal Pinang.
Melaui aplikasi ini masyarakat bisa membeli semua produk ID FOOD. Namun khusus untuk minyak goreng rakyat ini baru berjalan sejak Senin 16 Mei 2022 di Jabodetabek saja.
ADVERTISEMENT
Pedagang Jual Rp 14 Ribu/L, Untung Rp 6 Juta per Bulan
Ditemui sebelumnya saat meninjau langsung program minyak goreng rakyat, Ardiansyah menjelaskan pedagang atau pengecer mitra akan mendapat harga beli minyak goreng curah seharga Rp 13 ribu per liter dan dapat dijual ke masyarakat seharga Rp 14 ribu per liter.
"Pengecer dapat margin Rp 1.000 untuk (jual) ke masyarakat. Bayangkan Rp 1.000 dikali 200 liter per hari, artinya dapatnya Rp 200 ribu dikali sebulan, dapatnya Rp 6 juta hanya untuk jualan minyak goreng saja, untuk satu pengecer," kata Ardiansyah saat ditemui di Kecamatan Makasar Jakarta Timur, Selasa (17/5).