kumparan
Bisnis20 Januari 2018 15:21

Tak Hanya Bawa Hoki, Punya Ikan Mas Koki Juga Bisa Raup Untung Besar

Konten Redaksi kumparan
Ikan Koki di Pasar Ikan Jatinegara
Ikan Koki di Pasar Ikan Jatinegara (Foto: Abdul Latif/kumparan)
Ikan mas koki kian digemari karena dianggap memberikan energi positif sampai membawa keberuntungan alias hoki. Namun tidak hanya itu, memiliki ikan mas koki juga bisa meraup untung besar.
ADVERTISEMENT
Hal ini diungkapkan pemilik usaha Reze Goldfish, Reza Stefanus (40). Reza yang sudah 14 tahun membuka bisnis peternakan dan penjualan ikan mas koki mengaku untung besar karena pasar ikan mas koki di Indonesia cukup besar.
"Saya bicaranya mengenai quality bukan mengenai quantity jadi bagaimana saya menjual yang bagus-bagus itu, jadi kita enggak menjual volume," katanya kepada kumparan (kumparan.com), Sabtu (20/1).
Ada beragam jenis ikan mas koki yang dia jual. Misalnya ikan mas koki jenis Oranda umur 2 bulan dipatok Rp 1 juta/ekor. Sementara yang berumur 3 bulan sudah mencapai Rp 1,5 juta hingga Rp 2 juta per ekornya. Dia juga menjual ikan koki jenis Ranchu, Ryukin dan Moor.
Ikan Mas Koki
Ikan mas koki untuk dipelihara dan dibudidayakan. (Foto: Wiji Nurhayat/kumparan)
"Harga 1 ekor antara Rp 1,5 juta ada yang jual paket Rp 1 juta untuk 3 ekor dan itu yang banyak diambil sama mereka," katanya.
ADVERTISEMENT
Menurut dia, ikan koki merupakan salah satu jenis ikan hias yang unik karena mempunyai bentuk yang indah. Dengan warna sirip yang cerah, kepalanya menyerupai singa, ekor dan gerakan tubuhnya yang gemulai lemah lembut membuat banyak orang yang jatuh cinta dengan jenis ikan ini.
Dari berbagai jenis ikan hias yang ada di Indonesia, bisa dibilang ikan jenis ini adalah ikan yang paling dominan dan selalu dicari banyak orang. Intinya, walaupun banyak ikan-ikan hias baru bermunculan namun peminat ikan mas koki tidak akan pernah mati.
"Sekarang sudah ekspor juga. Kalau saya ke Filipina, Singapura dan ke Malaysia sesekali. Masih negara Asia," ujarnya.
Dengan cara tersebut, Reza mampu memperoleh omzet rutin cukup besar rata-rata Rp 30 juta hingga Rp 50 juta per bulan. Omzet juga tergantung bagaimana tingkat produktivitas indukan ikan mas koki yang dihasilkan.
Ikan Mas Koki
Ikan mas koki milik Reza Stefanus di Depok. (Foto: Wiji Nurhayat/kumparan)
Selain dijual, Reza juga kerap mengikuti lomba kontes kecantikan ikan mas koki baik skala nasional maupun internasional. Dalam event pertandingan tersebut, biasanya ada berbagai aspek yang dinilai oleh para juri. Seperti bentuk ikan mas koki harus unik dan indah, warna sirip yang cerah, kepalanya menyerupai singa, ekor yang bagus dan gerakan tubuh yang gemulai lemah lembut.
ADVERTISEMENT
"Kalau internasional ada setiap dua tahun sekali itu ada saya lupa di Singapura," sebutnya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan