kumparan
search-gray
Bisnis2 Agustus 2020 6:47

Terdampak Corona, Matahari Store Rugi Rp 358 Miliar

Konten Redaksi kumparan
Terdampak Corona, Matahari Store Rugi Rp 358 Miliar (906772)
Matahari Store di Pasaraya Blok M Foto: Ainul Qalbi/kumparan
PT Matahari Department Store Tbk (LPPF) atau Matahari Store sangat terdampak dengan pandemi virus corona. Beberapa gerai besar harus ditutup akibat penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar untuk memutus rantai penyebaran corona. Selama PSBB, 6 gerai format besar dan seluruh gerai khusus harus ditutup.
ADVERTISEMENT
Pendapatan bersih perusahaan ritel modern milik Lippo Group tersebut pun terdampak, yakni turun 62,1 persen menjadi Rp 2,253 triliun pada semester I 2020.
Sementara itu, laba bersih perusahaan juga minus, yakni rugi Rp 358 miliar. Di saat bersamaan, utang Matahari meningkat menjadi Rp 2,067 triliun karena pendapatan berkurang, namun harus tetap memenuhi kewajiban kepada pemasok.
Meskipun menghadapi tantangan COVID-19, Matahari Store memutuskan untuk meneruskan rencana pembukaan sejumlah gerainya yang sebelumnya tertunda, dan membuka tiga toko baru dengan luas masing-masing sekitar 6.000-7.000 meter persegi. Satu gerai dibuka di Palembang pada kuartal II, dan dua gerai lainnya dibuka di Depok dan Tangerang pada bulan Juli, sehingga total gerai kini menjadi berjumlah 154 gerai yang beroperasi di 76 kota.
Terdampak Corona, Matahari Store Rugi Rp 358 Miliar (906773)
Matahari Store di Pasaraya Blok M Foto: Ainul Qalbi/kumparan
Terry O'Connor, CEO dan Wakil Presiden Direktur Matahari Store mengatakan, di masa lalu, perusahaan telah menutup gerai-gerai dengan kinerja kurang baik, dengan mempertimbangkan akhir masa sewa atau peluang real estat yang menarik. Namun, mengingat terjadinya pandemi corona serta upaya perusahaan untuk merestrukturisasi bisnis, maka manajemen pun mempercepat penutupan gerai yang berkinerja kurang baik.
ADVERTISEMENT
"Sampai saat ini, kami telah menutup enam gerai format besar pada tahun 2020. Pada saat yang sama, kami membuka satu gerai baru di Palembang pada Mei 2020, dan dua gerai baru di kota Depok dan Tangerang pada Juli 2020. Penambahan ini menjadikan jumlah gerai format besar kami menjadi 154 pada hari ini, dan kami bermaksud mengakhiri tahun ini dengan portofolio sekitar 150 gerai format besar yang menguntungkan," kata Terry dalam keterangan tertulis Matahari Store yang dikutip kumparan dari keterbukaan bursa (IDX), Minggu (2/8).
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white