kumparan
23 November 2018 18:57

Terseret Minyak, Harga LNG di Pasar Asia Rontok 10 Persen

Kapal tanker LNG
Kapal tanker LNG (Foto: AFP PHOTO / ROSLAN RAHMAN)
Seiring anjloknya harga minyak mentah di pasar dunia, harga Liquified Natural Gas (LNG) di pasar spot Asia, secara mingguan terperosok10 persen. Posisi ini merupakan yang terendah dalam tiga bulan terakhir.
ADVERTISEMENT
Mengutip Reuters Jumat (23/11), harga spot untuk pengiriman Januari di pasar Asia Utara, diperkirakan mencapai USD 10 per mmBtu. Posisi itu 90 sen lebih rendah dari minggu lalu.
Jatuhnya harga LNG ini juga dipengaruhi perkiraan cuaca musim dingin dengan suhu rata-rata yang tidak terlalu rendah. Hal ini membuat stok LNG yang ada dianggap berlebih, sehingga pasar tak menuntut pasokan yang besar.
“Tanda tanya besar saat ini adalah bagaimana cuaca akan berjalan, seiring pasar yang akan segera berubah begitu cuaca mulai mendingin. Tapi hingga saat ini, cadangan di banyak tempat dalam posisi penuh,” kata seorang pedagang LNG yang berbasis di Singapura, mengacu pada tingkat penyimpanan gas alam yang tinggi di Asia Utara.
ADVERTISEMENT
Suhu di kota-kota besar Tokyo, Beijing, dan Shanghai yang merupakan penyedot LNG terbesar dunia, diperkirakan akan lebih hangat dari biasanya minggu depan.
 Harga Minyak Dunia Mendadak Anjlok
Harga Minyak Dunia Mendadak Anjlok. (Foto: Basith Subastian/kumparan)
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan