kumparan
3 Maret 2019 9:45

Tips Mengelola Uang THR untuk PNS

PNS Foto: Nadia Riso/kumparan
Pemerintah memastikan Tunjangan Hari Raya (THR) bagi PNS akan dicairkan pada Mei 2019. Agar tak kalap saat pencairan THR, maka PNS perlu mengelolanya keuangannya dengan bijak.
ADVERTISEMENT
Perencana keuangan dari Finansia Consulting, Eko Indarto, mengatakan hal yang perlu diperhatikan bagi para PNS untuk mengatur uang THR adalah memilah prioritas kebutuhan.
"THR nantinya langsung dipisahin dan untuk prioritas apa. Kalau dia pulang kampung, kebutuhan pasti transportasi yang disiapin pulang pergi. Lalu, kegiatan di kampungnya mau apa dulu," katanya kepada kumparan, Minggu (3/3).
Setelah itu, kata Eko, THR yang merupakan bonus di luar gaji bulanan juga bisa disisihkan untuk tambahan investasi. Nilai untuk tabungan investasi bisa dianggarkan sebesar 10 persen dari total THR.
"Namun, jika ternyata tidak mencukupi, ya tidak usah dipaksakan, karena harga kebutuhan pokok biasanya kan juga naik untuk hari-hari besar," imbuh dia.
Para PNS berfoto usai upacara Foto: Nabilla Fatiara/kumparan
Selain itu, Eko juga menyarankan agar PNS perlu mengatur anggaran bulanan dengan baik. Sebab, menjelang lebaran biasanya pengeluaran akan membengkak dan tak terprediksi.
ADVERTISEMENT
"Jadi perlu komitmen pada yang telah direncanakan tadi," ujarnya.
Maka, selain melakukan perencanaan pengeluaran yang matang, juga dibutuhkan ketegasan dalam membagi keuangan sebelum dan setelah momen mudik lebaran.
"Sisakan 50 persen dari penghasilan bulanan untuk kehidupan setelah mudik. Karena ketika dia pulang nanti, dia kan kerja lagi sementara kondisinya belum gajian maka dia harus bisa hidup dengan uang sisa itu," pungkasnya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan