kumparan
Bisnis2 September 2018 16:58

Topik Pertemuan Jack Ma dengan Para Menteri: UMKM hingga E-Commerce

Konten Redaksi kumparan
Jack Ma di Ritz Carlton Jakarta
Jack Ma di Ritz Carlton Jakarta. (Foto: Elsa Toruan/kumparan)
Sejumlah menteri Kabinet Kerja, seperti Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution, Menkomnfo Rudiantara, hingga Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengadakan pertemuan dengan bos Alibaba, Jack Ma, di Hotel Ritz Carlton Pacific Place, Jakarta, pada Minggu (2/9).
ADVERTISEMENT
Pertemuan terpantau berlangsung sejak pukul 14.05 WIB dan berakhir pada 16.10 WIB. Dalam pertemuan tersebut, Jack Ma mengatakan bahwa ada tiga topik yang dibahas oleh pihaknya, yaitu Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), perdagangan antar negara, dan juga financial technology (fintech).
“Kami baru saja menggelar pertemuan yang sangat produktif sejak kemarin saya bertemu dengan Pak Presiden. Nah, hari ini saya kembali mengadakan pertemuan untuk menindaklanjuti dari pertemuan bersama Pak Presiden kemarin,” kata Jack Ma saat ditemui di Ritz Carlton, Jakarta, Minggu (2/9).
Dia kemudian menjelaskan bahwa beberapa topik yang dibahas terkait upaya memajukan UMKM, mengembangkan perdagangan antara Indonesia dengan China dan Indonesia dengan negara lain. Selain itu, lanjut Jack Ma, pihaknya juga membahas terkait pengembangan internet dan infrastruktur teknologi unik membangun e-commerce.
ADVERTISEMENT
“Kami membahas tentang tantangan membangun e-commerce dan juga tentang petunjuk teknisnya di Indonesia. Kami juga membahas soal pengembangan perdagangan dan juga bagaimana membangun perekonomian berbasis teknologi sehingga masyarakat, khususnya kalangan muda bisa memperoleh uang saat mereka butuh,” katanya.
Jack Ma di Ritz Carlton Jakarta
Jack Ma di Ritz Carlton Jakarta. (Foto: Elsa Toruan/kumparan)
Dia juga mengatakan bahwa akan dilakukan kerja sama pada tanggal 11 November mendatang antara Indonesia dengan China. Hari tersebut diketahui merupakan hari belanja terbesar di China.
“Akan ada banyak kerja sama yang akan dilakukan bersama ke depan. Saya rasa ini pertemuan yang sangat menarik,” tambahnya lagi.
Tak lupa, dia juga memuji perhelatan Asian Games dimana dia akan hadir dalam penutupan Asian Games 2018 malam ini.
“Kami membicarakan soal inovasi Asian Games. Tidak mudah untuk menggelar perhelatan olahraga sebesar ini dan mengorganisir segalanya dalam waktu singkat. Presiden juga tampak mengendarai motor. Itu adalah hal yang menarik,” tutupnya.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan