Uang Negara Rp 2,5 T Demi MotoGP Mandalika, Setara Beasiswa 200 Ribu Mahasiswa

19 Maret 2022 15:12
·
waktu baca 3 menit
comment
47
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Pembalap WithU Yamaha RNF MotoGP Team Andrea Dovizioso (kanan) dan Darryn Binder memacu kecepatan motornya pada hari pertama tes pramusim MotoGP 2022 di Mandalika. Foto: Andika Wahyu/Antara Foto
ADVERTISEMENT
Uang negara hingga Rp 2,5 triliun digelontorkan demi menyukseskan penyelenggaraan MotoGP Mandalika. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati merinci, ada penyertaan Modal Negara (PMN) kepada Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) sebesar Rp 1,3 triliun. Kemudian pengalokasian APBN melalui anggaran kementerian dan lembaga sebesar Rp 1,18 triliun.
ADVERTISEMENT
Lalu Insentif PPN atas Jasa Kena Pajak Rp 240,73 miliar dan Insentif Bea Masuk dan Pajak Impor Rp 10,41 miliar.
"#Uangkita turut berkontribusi dalam mendukung perhelatan akbar ini antara lain melalui PMN dan dukungan kepada K/L terkait, insentif PPN dan insentif bea masuk dan pajak impor. Seluruh dukungan tersebut diberikan demi kelancaran acara yang sudah dinanti-nantikan ini," kata Sri Mulyani seperti dikutip dari akun Instagram resminya, Sabtu (19/3).
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Foto: M Risyal Hidayat/ANTARA FOTO
Kata Sri Mulyani, penyelenggaraan MotoGP Mandalika ini patut dibanggakan karena akhirnya Indonesia kembali menjadi tuan rumah rangkaian balap MotoGP setelah 25 tahun menunggu.
Ia mengeklaim, MotoGP Mandalika berdampak positif pada perekonomian, terutama untuk penduduk di sekitar lokasi MotoGP Mandalika.

Uang Negara untuk MotoGP Mandalika Setara Anggaran KIP Kuliah

Berdasarkan penelusuran kumparan, dana yang digelontorkan negara untuk MotoGP Mandalika setara dengan alokasi anggaran Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K) yang pada 2021 sebesar Rp 2,5 triliun.
ADVERTISEMENT
Jumlah penerima KIP Kuliah ini sebanyak 200.000 mahasiswa baru, yakni program studi A sebanyak 61.000 mahasiswa, program studi B sebanyak 112.000 mahasiswa dan program studi C sebanyak 27.000 mahasiswa. Pemberian dana beasiswa KIP-K kepada mahasiswa berbeda-beda bergantung akreditasi program studi yang diambil.
"Jadi bagi prodi (akreditasi) A, akan diberikan rata-rata Rp 8 juta (per semester). Dan itu bisa sampai batas maksimum Rp 12 juta per semester," terang Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim dalam rapat dengan Komisi X DPR RI pada 18 Maret 2021.
Mendikbud Nadiem Makarim saat melakukan rapat kerja dengan Komisi X DPR RI. Foto: Helmi Afandi Abdullah/kumparan
Selebihnya, untuk mahasiswa program studi dengan akreditasi B akan diberikan dana KIP-K sebesar Rp 4 Juta per semester. Dan untuk mahasiswa program studi dengan akreditasi C ini akan diberikan dana KIP-K sebesar Rp 2,4 juta per semester.
ADVERTISEMENT

Perputaran Ekonomi MotoGP Mandalika

Di luar dukungan anggaran negara, pembangunan sirkuit dan penyelenggaraan MotoGP di Mandalika juga didukung berbagai pihak, termasuk BUMN. Salah satunya yakni PT Pertamina (Persero).
Direktur Utama PT Pertamina (Persero), Nicke Widyawati, mengungkapkan dari penyelenggaraan event MotoGP-nya saja penyerapan tenaga kerja mencapai 11 ribu pekerja.
"Jadi ini sampai pre-event kemarin 11 ribu pekerja terserap di dalam kegiatan ini, dari pembangunan sampai event ini. Dan sekarang tentu lebih banyak lagi karena ini menggerakkan seluruh roda perekonomian," kata Nicke di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Minggu (20/3).
Selain itu, dia menambahkan, ada 1.300 UMKM baru yang muncul karena adanya MotoGP. Ditambah dengan tingginya hunian hotel hingga homestay, penerbangan yang penuh, tiket MotoGP terjual habis, serta belanja produk UMKM, dia meproyeksikan perputaran uang dari event MotoGP Mandalika mencapai Rp 3 triliun.
ADVERTISEMENT
******
Kuis kumparanBISNIS hadir lagi untuk bagi-bagi saldo digital senilai total Rp 1,5 juta. Kali ini ada kuis tebak wajah, caranya gampang! Ikuti petunjuknya di LINK INI. Penyelenggaraan kuis ini waktunya terbatas, ayo segera bergabung!