Bola & Sports16 September 2020 10:42

10 Pemain Pinjaman Termahal Sepanjang Sejarah, Ada yang Kontroversial

Konten Redaksi kumparan
10 Pemain Pinjaman Termahal Sepanjang Sejarah, Ada yang Kontroversial (606019)
Ilustrasi Sepak Bola dan Uang Foto: Pixabay
Bursa transfer di dunia sepak bola tak melulu soal jual-beli, tetapi juga ada transaksi pinjam-meminjam. Ini merupakan trik sejumlah klub untuk mengakali budget transfer atau gaji yang minim.
ADVERTISEMENT
Namun, tak semua kesepakatan peminjaman antarklub sepak bola adalah gratis. Terkadang, klub yang meminjamkan juga meminta bayaran untuk transaksi macam ini.
Ya, ada klub yang ogah meminjamkan pemainnya dengan cuma-cuma. Alasannya macam-macam, misalnya, bisa saja karena sebenarnya si pemain yang hendak 'dirantaukan' adalah pemain yang jago, tetapi gaya mainnya tak klop dengan taktik pelatih.
Walau begitu, harga yang mesti dibayar itu, umumnya, jauh di bawah harga beli si pemain yang bersangkutan. Dikutip dari Diario AS, kumparanBOLA memaparkan 10 pemain pinjaman termahal dalam sejarah bursa transfer sepak bola.

1) Kylian Mbappe

10 Pemain Pinjaman Termahal Sepanjang Sejarah, Ada yang Kontroversial (606020)
Kylian Mbappe, topskorer Ligue 1 2019/20. Foto: AFP/Valery Hache
Paris Saint-Germain (PSG) kepincut Kylian Mbappe usai striker kelahiran Paris itu berkontribusi besar membawa AS Monaco menjuarai Liga Prancis 2016/17. PSG lalu meminjam jasanya untuk mengarungi musim 2017/18.
ADVERTISEMENT
Kala itu, Les Parisiens membayar 45 juta euro kepada Les Monegasques untuk meminjam Mbappe selama musim 2017/18. Nah, musim berikutnya, PSG mempermanenkannya dengan memberi bayaran tambahan pada Monaco sebesar 145 juta euro.
Transfer pinjam dan beli ini agak kontroversial waktu itu. Ada yang bilang, ini cuma akal-akalan PSG untuk mengakali Financial Fair Play (FFP) karena mereka sudah telanjur membeli Neymar seharga 222 juta euro pada musim yang sama kala mereka meminjam Mbappe.

2) Giovani Lo Celso

10 Pemain Pinjaman Termahal Sepanjang Sejarah, Ada yang Kontroversial (606021)
Pemain Tottenham Hotspur, Giovani Lo Celso. Foto: REUTERS / Dylan Martinez
Tottenham Hotspur meminjam Giovani Lo Celso dari Real Betis pada Agustus 2019, dengan kesepakatan senilai 16 juta euro. Ini agak aneh sebenarnya.
Sebab sebelumnya, The Lilywhites terlebih dahulu telah mengajukan tawaran lebih dari 50 juta euro untuk membeli Lo Celso. Terkesan seperti Betis enggan melepas gelandang asal Argentina itu, tetapi di satu sisi juga butuh duit.
ADVERTISEMENT
Nah, kemudian, pada Januari 2020, Betis luluh juga. Spurs mempermanenkannya dengan tambahan mahar, menurut catatan Transfermarkt, 32 juta euro. Bad business buat Betis.

3) Duvan Zapata

10 Pemain Pinjaman Termahal Sepanjang Sejarah, Ada yang Kontroversial (606022)
Striker andalan Atalanta, Duvan Zapata. Foto: AFP/Miguel Medina
Duvan Zapata merapat ke Atalanta dari Sampdoria sejak Juli 2018, dengan kesepakatan pinjaman dua musim plus opsi pembelian permanen. Il Samp mengantongi 14 juta euro sebagai imbalan dari transaksi dengan La Dea terkait striker Kolombia ini.

4) James Rodriguez

10 Pemain Pinjaman Termahal Sepanjang Sejarah, Ada yang Kontroversial (606023)
Momen James Rodriguez merayakan gol bersama pemain-pemain Bayern Muenchen. Foto: Reuters/Leon Kuegeler
Bayern Muenchen harus mengeluarkan duit sebesar 13 juta euro untuk meminjam James Rodriguez dari Real Madrid selama dua musim, dari Juli 2017 hingga akhir Juni 2019. Pada akhirnya, Die Bayern memilih tak mempermanenkannya.
Usai jarang dimainkan Zinedine Zidane sepanjang musim 2019/20, gelandang Timnas Kolombia itu dilego ke Everton. Di Merseyside, Rodriguez kembali bertemu pelatih lamanya di Bayern dan Real Madrid, Carlo Ancelotti.
ADVERTISEMENT

5) Carlos Tevez

10 Pemain Pinjaman Termahal Sepanjang Sejarah, Ada yang Kontroversial (606024)
Carlos Tevez ketika membela Manchester United. Foto: PAUL ELLIS/AFP
Kontroversi pernah terjadi manakala West Ham United meminjamkan Carlos Tevez ke Manchester United pada Agustus 2007 dan Red Devils harus membayar 12,7 juta euro untuk itu. Rumitnya transfer ini disebabkan adanya perselisihan hukum atas kepemilikan pihak ketiga.
Namun, singkat cerita, si striker Argentina bermain dua musim untuk MU. Usai masa peminjamannya berakhir, Tevez tak kunjung menandatangani kontrak permanen dengan MU dan malah menyeberang ke Man City. Jadilah, Tevez musuh bersama pendukung 'Setan Merah' kala itu.

6) Nicolo Barella

10 Pemain Pinjaman Termahal Sepanjang Sejarah, Ada yang Kontroversial (606025)
Aksi Nicolo Barella di Derby della Madonnina. Foto: AFP/Miguel Medina
Nicolo Barella bergabung ke Inter Milan dari Cagliari di awal musim 2019/20. Nerazzurri meminjamnya dengan kesepakatan harga 12 juta euro.

7) Mattia Destro

10 Pemain Pinjaman Termahal Sepanjang Sejarah, Ada yang Kontroversial (606026)
Mattia Destro ketika membela AS Roma. Foto: FILIPPO MONTEFORTE/AFP
AS Roma memimjam Mattia Destro dari Genoa pada Juli 2012. Kala itu, Giallorossi harus merogoh kocek hingga 11,5 juta euro untuk memuluskan kesepakatan tersebut.
ADVERTISEMENT
AS Roma lalu mempermanenkan Destro pada Juli 2013. Klub Ibu Kota Italia itu, menurut Transfermarkt, membayar biaya 4,5 juta euro guna mempermanenkannya.

8) Gonzalo Higuain

10 Pemain Pinjaman Termahal Sepanjang Sejarah, Ada yang Kontroversial (606027)
Gonzalo Higuain tampil sebagai pemain pengganti saat AC Milan menghadapi Juventus di laga Piala Super Italia. Foto: Waleed Ali/Reuters
AC Milan meminjam Gonzalo Higuain dari Juventus dengan bayaran 9 juta euro pada musim panas 2018. Namun, striker Argentina itu hanya menghabiskan enam bulan di San Siro.

9) Gonzalo Higuain (lagi)

10 Pemain Pinjaman Termahal Sepanjang Sejarah, Ada yang Kontroversial (606028)
Higuain resmi berseragam Chelsea Foto: www.chelseafc.com
Usai separuh musim membela Rossoneri, Higuain lanjut ke Chelsea. The Blues membayar harga yang sama dengan Milan untuk meminjamnya selama setengah musim.

10) Philippe Coutinho

10 Pemain Pinjaman Termahal Sepanjang Sejarah, Ada yang Kontroversial (606029)
Philippe Coutinho mencetak hattrick pertamanya untuk Bayern di laga kontra Werder Bremen. Foto: REUTERS/Michael Dalder
Ini mungkin kisah yang paling indah dalam daftar ini. Bayern Muenchen hanya perlu membayar 8,5 juta euro untuk meminjam gelandang Brasil ini dari Barcelona.
Pada akhirnya, Philippe Coutinho berkontribusi atas raihan treble Bayern di musim 2019/20. Dan, eks andalan Liverpool ini pun main dan mencetak dua go serta satu assist kala Die Roten membantai Blaugrana 8-2 di Liga Champions.
ADVERTISEMENT
---
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white