Bola & Sports
·
22 Juli 2021 14:40
·
waktu baca 4 menit

10 Pesepak Bola Wanita dengan Gaji Tertinggi, Ada Peraih Ballon d'Or

Konten ini diproduksi oleh kumparan
10 Pesepak Bola Wanita dengan Gaji Tertinggi, Ada Peraih Ballon d'Or (26556)
searchPerbesar
Megan 'The Viper' Rapinoe. Foto: Reuters/Benoit Tissier
Sepak bola wanita masih kalah pamor dari sepak bola pria. Namun, bukan berarti para pemain sepak bola wanita tidak bisa mendapat pendapatan yang layak. Bahkan, ada beberapa di antaranya yang memiliki bayaran tinggi.
ADVERTISEMENT
Jangan salah, permainan sepak bola yang ditonjolkan oleh para kaum hawa ini juga bisa menarik perhatian. Mereka tak kalah impresif dari para pemain sepak bola pria.
Sejumlah nama besar pun mencuat berkat penampilannya yang menawan. Tak ayal, bayaran gaji yang tinggi pun diterima.
Berangkat dari hal tersebut, kali ini, kami menyajikan 10 pesepak bola wanita dengan bayaran tertinggi di dunia. Siapa sajakah? Berikut daftarnya dilansir SportBible.

10. Christine Sinclair

10 Pesepak Bola Wanita dengan Gaji Tertinggi, Ada Peraih Ballon d'Or (26557)
searchPerbesar
Christine Sinclair. Foto: Twitter/@sincy12
Christine Sinclair merupakan pesepak bola wanita asal Kanada yang berposisi sebagai penyerang. Di usianya yang telah menginjak 38 tahun, ia masih dipercaya untuk memperkuat timnas di Olimpiade Tokyo 2020.
Di level internasional, Sinclair memiliki catatan yang sangat apik. Diwartakan Goal, ia menorehkan 186 gol dari 297 laga untuk Timnas Kanada. Catatan tersebut bahkan mengalahkan megabintang sepak bola pria, Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi.
ADVERTISEMENT
Untuk kariernya di klub, ia tergabung bersama Portland Thorns sejak 2013. Wanita yang telah meraih dua medali perunggu Olimpiade ini memiliki bayaran sebesar USD 380 ribu (sekitar Rp 5,5 miliar) per tahun.

9. Wendie Renard

10 Pesepak Bola Wanita dengan Gaji Tertinggi, Ada Peraih Ballon d'Or (26558)
searchPerbesar
Wendie Renard. Foto: Twitter/@WRenard
Jika ditanya siapa legenda sepak bola wanita Olympique Lyonnais, mungkin sosok Wendie Renard jadi nama yang tepat. Sejak 2006 hingga sekarang, pemain yang berposisi sebagai bek ini tak pernah pindah ke lain hati.
Total 15 musim telah dilakoni pesepak bola asal Prancis ini bersama Lyon. Selama itu, Wendie telah membawa Lyon meraih sejumlah gelar bergengsi, misalnya tujuh gelar Liga Champions Wanita.
Menyusul prestasi yang didapatkan, bayaran pemain berusia 31 tahun ini pun juga terbilang besar. SportBible melansir bahwa Wendie mendapat gaji yang mencapai USD 392 ribu (sekitar Rp 5,6 miliar) per tahun.
ADVERTISEMENT

8. Amandine Henry

10 Pesepak Bola Wanita dengan Gaji Tertinggi, Ada Peraih Ballon d'Or (26559)
searchPerbesar
Kapten Prancis, Amandine Henry, merayakan gol ke gawang Brasil. Foto: AFP/Franck Fife
Di urutan selanjutnya terdapat rekan Wendie Renard di Lyon, yakni Amandine Henry. Bersama tim sepak bola wanita Lyon, wanita berusia 31 tahun ini mendapat bayaran sebesar USD 394,5 ribu (sekitar Rp 5,7 miliar) per tahun.
Selama kiprahnya di dunia ‘si kulit bundar’, Amandine juga telah lama memperkuat Lyon, yakni 13 musim. Namun, itu terbagi ke dalam dua periode.
Pasalnya, pemain yang berposisi sebagai gelandang ini sempat meninggalkan Lyon selama selama tiga musim untuk memperkuat tim sepak bola wanita Amerika Serikat, Portland Thorns; dan bergabung ke salah satu rival Lyon di Liga Prancis Wanita, Paris Saint-Germain, di musim 2016/17.

7. Marta Vieira da Silva

10 Pesepak Bola Wanita dengan Gaji Tertinggi, Ada Peraih Ballon d'Or (26560)
searchPerbesar
Marta Vieira da Silva. Foto: Reuters/Lucy Nicholson
Marta Vieira da Silva adalah bintang Timnas Wanita Brasil. Di Olimpiade Tokyo 2020, ia masih dipercaya untuk mengemban tugas sebagai kapten tim.
ADVERTISEMENT
Bahkan, di laga perdana fase grup melawan China, penyerang berusia 35 tahun ini berhasil membukukan dua gol dalam kemenangan 5-0. Dia masih tajam.
Untuk kariernya di klub, semenjak 2017, Marta membela Orlando Pride. Bersama dengan klub asal Amerika Serikat ini, ia mendapat bayaran cukup besar. SportBible melansir, dalam setahun, ia digaji sebesar USD 400 ribu (sekitar Rp 5,8 miliar).

6. Ada Hegerberg

10 Pesepak Bola Wanita dengan Gaji Tertinggi, Ada Peraih Ballon d'Or (26561)
searchPerbesar
Hegerberg, perempuan pertama peraih Ballon d'Or. Foto: FRANCK FIFE / AFP
Ada Hegerberg merupakan salah satu bagian dari skuad wanita Lyon. Bergabung sejak musim 2014/2015, penyerang berusia 26 tahun ini memiliki torehan gol yang fantastis.
Hingga musim 2019/20, Hegerberg berhasil mencatatkan 220 gol hanya dari 184 penampilan. Tak ayal, perempuan pertama peraih Ballon d'Or ini digaji tinggi. Dilansir SportBible, pemain Norwegia ini menerima USD 425 ribu (sekitar Rp 6,1 miliar) per tahun.
ADVERTISEMENT

5. Julie Ertz

10 Pesepak Bola Wanita dengan Gaji Tertinggi, Ada Peraih Ballon d'Or (26562)
searchPerbesar
Julie Ertz (kiri), Alex Morgan, dan Allie Long berpose dengan trofi Piala Dunia Wanita. Foto: Reuters/Mike Segar
Julie Ertz merupakan penggawa Timnas Wanita Amerika Serikat yang memperkuat klub Chicago Red Stars. Pemain berusia 29 tahun ini telah menjalin kebersamaan dengan klub yang tampil di divisi tertinggi sepak bola wanita ‘Negeri Paman Sam’ selama tujuh musim.
Dilansir SportBible, bersama Chicago Red Stars, Julie mendapat gaji sebesar USD 430 ribu (sekitar Rp 6,2 miliar).

4. Megan Rapinoe

10 Pesepak Bola Wanita dengan Gaji Tertinggi, Ada Peraih Ballon d'Or (26563)
searchPerbesar
Pemain Wanita Terbaik FIFA 2019, Megan Rapinoe. Foto: Marco Bertorello / AFP
Di urutan selanjutnya, terdapat rekan Julie di timnas, yakni Megan Rapinoe. Penyerang berusia 36 tahun ini merupakan pilar dari klub Olympique Lyonnais Reign yang tampil di National Women’s Super League (kompetisi tertinggi sepak bola wanita Amerika Serikat).
Dilansir Goal, sudah tujuh tahun Rapinoe memperkuat OL Reign dan selama itu juga ia berhasil mencatatkan 33 gol dari 75 penampilan di kompetisi liga. Alhasil, Rapinoe dilaporkan menerima USD 447 ribu (sekitar Rp 6,4 miliar) per tahun.
ADVERTISEMENT

3. Alex Morgan

10 Pesepak Bola Wanita dengan Gaji Tertinggi, Ada Peraih Ballon d'Or (26564)
searchPerbesar
Alex Morgan. Foto: Reuters/Benoit Tissier
Alex Morgan merupakan legenda hidup sepak bola wanita Amerika Serikat. Penyerang berusia 32 tahun ini merupakan salah satu sosok kunci dalam keberhasilan tim sepak bola wanita ‘Negeri Paman Sam’ merengkuh trofi Piala Dunia Wanita 2015 dan 2019.
Kecemerlangannya turut membawa namanya mendapatkan bayaran yang besar dari klub yang menggunakan jasanya. Kini bersama Orlando Pride, Morgan mendapatkan gaji sebesar USD 450 ribu (sekitar Rp 6,5 miliar).
Morgan sendiri tengah tampil bersama Timnas Wanita Amerika Serikat di perhelatan akbar Olimpiade Tokyo 2020. Tekadnya adalah membawa nama Amerika Serikat ke tangga juara.

2. Samantha Kerr

10 Pesepak Bola Wanita dengan Gaji Tertinggi, Ada Peraih Ballon d'Or (26565)
searchPerbesar
Samantha Kerr. Foto: Twitter/@samkerr1
Samantha Kerr merupakan pesepak bola wanita asal Australia yang berposisi sebagai penyerang. Pemain berusia 27 tahun ini tengah memperkuat klub yang tampil di Women’s Super League (kompetisi tertinggi sepak bola wanita Inggris), yakni Chelsea.
ADVERTISEMENT
Bersama The Blues, ia mendapatkan bayaran sangat tinggi, yakni USD 500 ribu (sekitar Rp 7,2 miliar) per tahun. Tingginya gaji yang diterima turut dibuktikan dengan penampilannya yang menawan.
Berdasarkan data dari Goal, Samantha berhasil mengukir 27 gol dari 35 pertandingan lintas ajang di musim keduanya atau tepatnya musim 2020/21.

1. Carli Lloyd

10 Pesepak Bola Wanita dengan Gaji Tertinggi, Ada Peraih Ballon d'Or (26566)
searchPerbesar
Carli Lloyd di Piala Dunia Wanita 2015 Foto: Kevin C. Cox
Carli Lloyd merupakan pesepak bola veteran asal Amerika Serikat yang kaya akan prestasi. Penyerang berusia 38 tahun ini telah mencicipi dua gelar Piala Dunia Wanita di 2015 dan 2019 serta dua medali emas Olimpiade, yakni Beijing 2008 dan London 2012.
Berkat menterengnya karier Lloyd, ia mendapatkan gaji selangit dari klub yang menggunakan jasanya. Dilansir SportBible, Gotham FC yang merupakan klub Lloyd selama empat musim terakhir ini merogoh kocek hingga USD 518 ribu (sekitar Rp 7,5 miliar) per tahun untuk membayar gajinya.
ADVERTISEMENT
Penulis: Alif Zaky Assidiqi
***