Bola & Sports
·
11 Juni 2021 10:56
·
waktu baca 3 menit

4 Pemain Cadangan yang Layak Jadi Starter di Laga Indonesia vs UEA

Konten ini diproduksi oleh kumparan
4 Pemain Cadangan yang Layak Jadi Starter di Laga Indonesia vs UEA (99849)
Firza Andika di pertandingan babak Kualifikasi Piala Asia U-23 2020 melawan Vietnam di Stadion My Dinh, Hanoi, Minggu (24/3). Foto: Nugroho Sejati/kumparan
Indonesia akan menghadapi Uni Emirat Arab (UEA) dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022, Jumat (11/6) malam WIB. Sejatinya, laga ini sudah tak berarti apa-apa bagi 'Tim Garuda' yang telah dipastikan gagal melaju ke fase selanjutnya.
ADVERTISEMENT
Maka, laga di Stadion Zabeel, Dubai, nanti sebaiknya dimanfaatkan sebaik mungkin oleh Shin Tae-yong untuk mencoba pemain. Mengingat, sebagian dari pemain Indonesia ini juga diproyeksikan tampil di SEA Games.
Tercatat, ada beberapa nama cadangan yang sebaiknya dicoba jadi starter Indonesia dalam laga kontra UEA. Ini sekaligus bisa menjadi pertimbangan Shin untuk pemanggilan di waktu berikutnya.
Siapa saja mereka? Kami paparkan berikut ini, silakan disimak.

1) Firza Andika

4 Pemain Cadangan yang Layak Jadi Starter di Laga Indonesia vs UEA (99850)
Firza Andika cetak dua gol saat Timnas U-19 berlaga melawan Yordania. Foto: ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/kye/18.
Firza Andika belum pernah diturunkan sebagai starter dalam dua laga Indonesia era Shin Tae-yong di Kualifikasi Piala Dunia 2022. Untuk laga kali ini, tidak ada salahnya memercayakan pos bek sayap pemain yang pernah melakukan trial di Belgia ini.
Kualitas Pratama Arhan di sisi kiri dan Asnawi Mangkualam tak perlu lagi diragukan. Kini, Shin dan publik perlu tahu apakah Firza memiliki kualitas yang sama atau tidak.
ADVERTISEMENT
Sebelumnya, Firza lebih sering membela Indonesia di level U-19 dan U-23. Dia satu tim dengan Egy Maulana Vikri saat merebut peringkat tiga Piala AFF U-19 2017 dan 2018. Kemampuan bertahan dan membantu serangannya begitu krusial.
Firza juga menjadi salah satu andalan Indonesia saat meraih juara Piala AFF U-22 dan medali perak SEA Games 2019. Bek 22 tahun ini sempat dipercaya menjadi starter saat 'Tim Merah-Putih' kalah 2-3 dari Afghanistan pada Mei lalu.

2) Ady Setiawan

4 Pemain Cadangan yang Layak Jadi Starter di Laga Indonesia vs UEA (99851)
Ady Setiawan. Foto: Dok. Media Persebaya
Ady Setiawan sudah berusia 26 tahun, tetapi tidak ada salahnya Shin Tae-yong coba memainkannya menjadi starter saat Indonesia kontra UEA. Pada laga kontra Afghanistan, Ady menjadi starter sebagai gelandang bertahan.
Hal yang unik dari Ady salah satunya adalah kepiawaiannya dalam mencari celah mencetak gol dari situasi bola mati. Pada Piala Menpora 2021, ia mencetak dua gol via sundulan usai memanfaatkan umpan sepak pojok.
ADVERTISEMENT
Jadi, selain membantu pertahanan, Ady mungkin bisa mencetak gol dengan memanfaatkan celah seperti itu. Kalau bukan sebagai gelandang tengah, posisi bek tengah mungkin bisa dicoba untuknya.

3) Muhammad Riyandi

4 Pemain Cadangan yang Layak Jadi Starter di Laga Indonesia vs UEA (99852)
Muhamad Riyandi. Foto: Instagram/Muhamad Riyandi
Nadeo Arga Winata tidak berhasil mempertontonkan aksi ciamik di dua laga Kualifikasi Piala Dunia. Adi Satryo yang turun dalam laga kontra Afghanistan pun tak lebih baik.
Kini, biarlah Muhammad Riyandi unjuk gigi. Ia pernah menjadi andalan Indonesia U-19 dan U-23, meraih prestasi serupa Firza Andika.
Riyandi adalah kiper andalan Barito Putera di Piala Menpora 2021. Bermain tiga kali, Lapangbola.com mencatat bahwa ia membuat 14 kali penyelamatan dan 4,33 intersep per laga.

4) Rifad Marasabessy

4 Pemain Cadangan yang Layak Jadi Starter di Laga Indonesia vs UEA (99853)
Rifad Marasabessy. Foto: Instagram/@mrifadmarssy12
Rifad Marasabessy juga tampil saat Indonesia menghadapi Afghanistan. Bek yang sempat dijewer Shin Tae-yong ini layak diberi kesempatan main laga kontra UEA.
ADVERTISEMENT
Rifad adalah pemain langganan skuad 'Garuda Muda'. Transfermarkt mencatat bek bertinggi 168 cm itu telah memiliki 2 caps di Timnas U-23 dan 15 caps serta 1 gol di Timnas U-19.
Menurunkan Rifad bisa menjadi pertimbangan Shin Tae-yong untuk seleksi timnas selanjutnya. Perbandingan kualitas dirinya dengan Firza, Asnawi, dan Arhan bisa terlihat.
***