Bola & Sports
·
10 Juni 2021 15:01
·
waktu baca 4 menit

5 Bintang Wales di Euro 2020, Ada Winger Manchester United

Konten ini diproduksi oleh kumparan
5 Bintang Wales di Euro 2020, Ada Winger Manchester United (1707)
Gareth Bale merayakan kelolosan Wales ke putaran final Piala Eropa 2020. Foto: ANDREW BOYERS/Reuters.
Timnas Wales berhasil melaju ke Euro 2020 usai keluar sebagai Runner Up Grup E babak kualifikasi. Tim berjuluk The Welsh Dragon ini mampu mengumpulkan 14 poin dari hasil empat kemenangan, dua hasil imbang, dan menelan dua kekalahan.
ADVERTISEMENT
Wales mampu mengungguli pesaingnya di Grup D, seperti Slovakia yang berada satu tingkat di bawahnya dengan selisih satu poin, diikuti Hongaria, dan Azerbaijan. Namun, Gareth Bale dan kawan-kawan harus mengakui keunggulan Kroasia yang keluar sebagai pemuncak klasemen dengan perolehan 17 poin.
Keikutsertaan tim besutan Rob Page di Euro 2020 akan menjadi penampilan kedua The Welsh Dragon di ajang terbesar bagi negara-negara benua biru, setelah kali pertama terjadi di Euro 2016. Pada edisi sebelumnya, Wales berhasil mengejutkan publik usai mencapai babak semifinal.
Serupa dengan edisi sebelumnya, terdapat peranan penting dari segelintir pilar yang berlaga bersama klub-klub elite Eropa yang membuat negara beribu kota di Cardiff ini berhasil mencapai babak utama Euro 2020.
ADVERTISEMENT
kumparan telah merangkum lima pemain bintang Timnas Wales di Euro 2020 yang akan menarik perhatian penggemar sepak bola. Siapa saja mereka? Berikut daftarnya.
1. Gareth Bale
Keberhasilan Timnas Wales menjadi salah satu negara yang diperhitungkan, tak terlepas dari andil Gareth Bale di dalamnya. Sosok pria berusia 31 tahun ini mampu menjadi salah satu kunci kekuatan The Welsh Dragon kala bertanding.
Hal tersebut terbukti di mana dirinya berada di urutan teratas daftar pencetak gol terbanyak Wales sepanjang masa. Pemain yang melakoni debut di usia 16 tahun ini mampu menorehkan 33 gol dari 91 penampilan yang telah dilakoninya.
Bale sendiri miliki perjalanan karier sepak bola yang tidak main-main, selepas bersinar bersama Tottenham Hotspur, ia meraih masa keemasannya saat berada di Spanyol, ketika memperkuat Real Madrid. Sejak hijrah ke Santiago Bernabeu di musim 2013/2014, Bale mampu mengantarkan Los Blancos meraih empat gelar juara Liga Champions.
ADVERTISEMENT
Di musim 2020/2021, Bale kembali ke Spurs dengan status pinjaman dari Real Madrid. Ia mampu membuktikan ke publik sepak bola, bahwa dirinya belum ‘habis’. Bale berhasil tunjukan performa yang cukup memukau dengan torehan 16 gol dari 34 pertandingan yang dijalaninya di seluruh kompetisi.
2. Aaron Ramsey
Selain Bale, terdapat sosok Aaron Ramsey yang kaya akan pengalaman bersama klub besar Eropa. Pemain yang tengah memperkuat Juventus merupakan jenderal lini tengah dari Timnas Wales. Ramsey memainkan laga perdananya di tim nasional pada November 2008, hingga kini ia telah mengeyam 62 caps dan berhasil membukukan 16 gol.
5 Bintang Wales di Euro 2020, Ada Winger Manchester United (1708)
Aaron Ramsey mencetak gol untuk Timnas Wales. Foto: REUTERS/Rebecca Naden
Berkat pencapaian tersebut, dilansir dari Transfermarkt, nama Ramsey bertengger di urutan 10 besar pencetak gol terbanyak The Welsh Dragon atau urutan kedua untuk pemain yang masih aktif.
ADVERTISEMENT
Selain Juventus, klub besar lainnya yang pernah menjadi pelabuhan Ramsey selama menjalani karier sepak bolanya adalah Arsenal. Bersama dua klub raksasa tersebut, Ramsey selalu berhasil menorehkan prestasi, di antaranya adalah tiga gelar Piala FA, serta satu gelar Liga Italia dan Coppa Italia.
3. Daniel James
Daniel James adalah sosok muda di tubuh Timnas Wales yang memiliki kekuatan dalam hal kecepatan. Menyusul hal tersebut, sejak menjalani debut di November 2018, posisi pemain berusia 23 tahun ini tak tergantikan di lini sayap. James sendiri telah mencatatkan 20 penampilan bersama tim nasional dan mampu menorehkan empat gol.
5 Bintang Wales di Euro 2020, Ada Winger Manchester United (1709)
Daniel James, winger Manchester United Foto: AFP/GEOFF CADDICK
Nama James semakin bersinar ketika ia dipinang oleh raksasa Inggris, Manchester United di musim 2019/2020. Di awal kedatangannya di Old Trafford, ia sempat jalani musim yang sulit, namun di musim 2020/2021 James berhasil meningkatkan performanya bersama kubu The Red Devils. Dari 26 kesempatan berlaga, dirinya mampu melesatkan lima gol.
ADVERTISEMENT
Jika performanya terus meningkat, tak ayal dirinya dapat menjadi sosok yang sepadan dalam menggantikan peran Gareth Bale jika telah pensiun dari tim nasional.
4. Ethan Ampadu
Ethan Ampadu merupakan salah satu dari sederet pemain muda yang telah menjadi pilar di Timnas Wales. Di usianya yang masih 20 tahun, sosok pemain yang berposisi sebagai bek tengah ini telah memainkan 23 laga di tim nasional.
Dilansir dari Transfermakrt, ia pertama kali berlaga di tim senior ketika usianya baru beranjak 17 tahun, saat itu dirinya dipercaya oleh pelatih Chris Coleman untuk tampil ketika berhadapan dengan Prancis.
5 Bintang Wales di Euro 2020, Ada Winger Manchester United (1710)
Ethan Ampadu melakukan pemanasan sebelum bertanding melawan Tottenham. Foto: Reuters/Andrew Boyers
Ethan Ampadu sendiri adalah wonderkid milik Chelsea. Sejak kedatangannya di Stamford Bridge di musim 2017/2018, ia telah memainkan 12 laga di tim utama. Selebihnya, ia lebih sering dimainkan di tim muda Chelsea atau dipinjamkan ke klub lain.
ADVERTISEMENT
Di musim 2020/2021, Ethan Ampadu mendapatkan pengalaman yang berharga ketika dipinjamkan Chelsea ke Sheffield United. Bersama The Blades, ia mendapatkan kepercayaan untuk mengawal tembok pertahanan sebanyak 29 laga di seluruh kompetisi.
5. Ben Davies
Di urutan terakhir, terdapat pilar Timnas Wales yang berposisi sebagai bek kiri, Ben Davies. Dilansir dari Transfermarkt, pemain berusia 28 tahun ini telah melakoni 60 pertandingan bersama The Welsh Dragon sejak pertama kali debut di Oktober 2012.
Untuk kariernya di klub, Davies merumput bersama klub asal kota London, Tottenham Hotspur sejak tahun 2014. Di musim 2020/2021 Davies total melakoni 38 pertandingan di seluruh kompetisi.
5 Bintang Wales di Euro 2020, Ada Winger Manchester United (1711)
Pemain Tottenham Hotspsur Ben Davies berebut bola dengan pemain Chelsea Reece James pada pertandingan lanjutan Premier League di Stadion Tottenham Hotspur, London, Inggris. Foto: Neil Hall/Pool/REUTERS
Ia berhasil berkontribusi dalam lima gol The Lilyhhites. Nahas baginya, jelang berakhirnya Liga Inggris, ia sempat mengalami cedera sehingga harus menepi selama sembilan pertandingan.
ADVERTISEMENT
Cedera tersebut juga mengakibatkan dirinya absen memperkuat Wales di ajang UEFA Nations League. Namun, ia telah kembali ke lapangan saat laga persahabatan melawan Prancis dan Albania.
Penulis: Alif Zaky Assidiqi