Bola & Sports
·
22 Juli 2021 12:54
·
waktu baca 3 menit

5 Legenda Sepak Bola Indonesia yang Lanjutkan Karier Sebagai Pelatih

Konten ini diproduksi oleh kumparan
5 Legenda Sepak Bola Indonesia yang Lanjutkan Karier Sebagai Pelatih (37042)
searchPerbesar
Rahmad Darmawan ketika masih menangani Mitra Kukar. Foto: Irfan Adi Saputra/kumparan
Melanjutkan karier ke dunia kepelatihan kerap dipilih beberapa eks pemain sepak bola yang sudah gantung sepatu. Fenomena ini juga menghiasi sepak bola Indonesia.
ADVERTISEMENT
Pengalaman saat aktif merumput menjadi modal berharga untuk menangani sebuah klub. Kendati demikian, hal itu tak menjadi jaminan bagi mereka untuk kembali mendulang kesuksesan saat menjadi juru taktik.
Di Indonesia, sejumlah nama pesepak bola top era terdahulu kini sudah melanjutkan kariernya sebagai pelatih. Beberapa di antaranya bahkan bisa meraih gelar juara bersama tim yang mereka tangani.
Lantas, siapa saja mereka? Berikut kumparanBOLA rangkum di bawah ini.

Rahmad Darmawan

5 Legenda Sepak Bola Indonesia yang Lanjutkan Karier Sebagai Pelatih (37043)
searchPerbesar
Rahmad ketika melatih PS Tira-Persikabo. Foto: Dok. PT LIBdan
Rahmad Darmawan merupakan salah satu eks pemain yang juga sukses saat melanjutkan karier sebagai pelatih. Pria yang dahulu berposisi sebagai gelandang itu pernah memperkuat Timnas Indonesia pada 1988 hingga 1994.
Di level klub, Rahmad pernah membela Persija Jakarta, Persikota Tangerang dan tim Malaysia, Armed Forces FC.
ADVERTISEMENT
Rahmad sudah kenyang pengalaman di dunia kepelatihan. Ia pernah menangani sejumlah tim besar Indonesia di antaranya, Persija Jakarta, Persipura Jayapura, Arema dan Sriwijaya FC. Saat ini, Rahmad menukangi Madura United.
Selain itu, Rahmad juga pernah menjadi asisten pelatih dan pelatih caretaker Timnas Indonesia serta pelatih kepala Timnas U-23 di Sea Games 2011.
Saat menjadi pelatih, Rahmad pernah menjuarai liga bersama Persipura (2005) dan Sriwijaya FC (2007/08). Ia juga punya koleksi 3 gelar Piala Indonesia saat menangani Sriwijaya (2007/08, 2008/09 dan 2010).

Widodo Cahyono Putro

5 Legenda Sepak Bola Indonesia yang Lanjutkan Karier Sebagai Pelatih (37044)
searchPerbesar
Pelatih Bali United, Widodo C. Putro Foto: Alan Kusuma/kumparan
Widodo Cahyono Putro adalah penyerang langganan timnas di awal hingga akhir era 90-an. Salah satu momen terbaiknya saat membela timnas adalah di Piala Asia 1996. Kala itu, ia mencetak gol salto indah ke gawang Kuwait.
ADVERTISEMENT
Widodo juga pernah bermain untuk Persija Jakarta dan Petrokimia Putra.
Pencapaian terbaiknya saat melatih adalah kala membawa Bali United finis di posisi kedua Liga 1 2017. Selain itu, Widodo juga mengantar Persita Tangerang promosi ke Liga 1 2020. Saat ini, Widodo masih aktif melatih Persita.

Aji Santoso

5 Legenda Sepak Bola Indonesia yang Lanjutkan Karier Sebagai Pelatih (37045)
searchPerbesar
Pelatih Persela, Aji Santoso. Foto: Fanny Kusumawardhani/kumparan
Aji Santoso adalah bagian dalam skuad Timnas Indonesia saat meraih emas Sea Games 1991. Pria yang kini berusia 51 tahun itu bermain untuk timnas dalam satu dekade, 1990-2000.
Di level klub, Aji pernah bermain untuk tim besar seperti Arema, Persebaya Surabaya dan PSM Makassar.
Saat melatih, Aji juga punya beberapa catatan positif. Ia pernah membawa Persebaya runner up Liga 1 2019 dan juara Piala Presiden 2017 bersama Arema.
ADVERTISEMENT

Sudirman

5 Legenda Sepak Bola Indonesia yang Lanjutkan Karier Sebagai Pelatih (37046)
searchPerbesar
Pelatih sementara Persija, Sudirman. Foto: Dok. Persija
Meski hanya menjadi pelatih sementara Persija, Sudirman berhasil membawa 'Macan Kemayoran' menjuarai turnamen pramusim Piala Menpora 2021. Sebelumnya, Sudirman menjabat asisten pelatih.
Sama halnya dengan Aji Santoso, Sudirman juga merupakan pemain timnas saat memboyong emas Sea Games 1991. Ia juga pernah membela Arseto Solo di kompetisi domestik.

Djadjang Nurdjaman

5 Legenda Sepak Bola Indonesia yang Lanjutkan Karier Sebagai Pelatih (37047)
searchPerbesar
Djadjang Nurdjaman Foto: Antara
Djadjang Nurdjaman memang lekat dengan publik Bandung. Semasa aktif bermain, ia pernah membela Sari Bumi Raya, klub asal Bandung di era Galatama. Selain itu, pria yang akrab disapa Djanur ini juga bermain untuk Persib Bandung.
Karier kepelatihannya juga diisi bersama Persib. Ia menjadi pelatih kepala Persib pada 2012 hingga 2017. Sempat menangani PSMS Medan dan Persebaya Surabaya, saat ini jasa coach Djanur dipakai Barito Putera.
ADVERTISEMENT
---