CVR, Trofi Premier League
22 Juli 2020 15:18

6 Fakta Trofi Premier League yang Kamu Harus Tahu

6 Fakta Trofi Premier League yang Kamu Harus Tahu (113115)
Trofi Premier League. Foto: Ben STANSALL / POOL / AFP
Liverpool akhirnya akan mengangkat trofi juara Premier League yang telah mereka idam-idamkan. Asal tahu saja, ini adalah trofi Liga Inggris pertama mereka di era Premier League, lho.
ADVERTISEMENT
Nah, sebelum melihat armada Juergen Klopp berselebrasi dengan trofi tersebut, ada baiknya kalian simak dulu fakta ihwal trofi Premier League. Sebab, mungkin ada sejumlah hal yang belum kalian tahu.
Karena itulah, kumparanBOLA membuat rangkumannya dalam stori kali ini. Sumbernya langsung dari situs web resmi Premier League. Silakan disimak.

1) Ada dua trofi Premier League

6 Fakta Trofi Premier League yang Kamu Harus Tahu (113116)
Trofi Premier League. Foto: Reuters/John Sibley
Sesungguhnya, ada dua trofi identik. Dua-duanya terpahat ukiran nama-nama klub juara Premier League pada musim-musim sebelumnya.
Kenapa harus ada dua? Untuk mengantisipasi kemungkinan penentuan juara Premier League berlangsung hingga pekan terakhir.
Jika itu terjadi, masing-masing satu trofi harus standby di stadion tempat dua kandidat juara menggelar laga terakhir mereka. Apakah itu pernah terjadi? Pernah.
Contoh kasusnya, kala Manchester City dan Manchester United bersaing memperebutkan juara hingga pekan pemungkas pada musim 2011/12. Begitu juga dengan situasi Man City dan Liverpool pada musim lalu.
ADVERTISEMENT
Trofi yang asli ditaruh di stadion tempat tim pemuncak klasemen sementara menghelat laga pekan terakhirnya. Sementara itu, trofi yang replika ditaruh di stadion tempat tim runner up sementara menggelar laga pekan pemungkasnya.

2) Trofi Premier League harus dikembalikan

6 Fakta Trofi Premier League yang Kamu Harus Tahu (113117)
Trofi Premier League Foto: REUTERS/Phil Noble
Sepanjang musim, salah satu trofi disimpan oleh juara Premier League, sedangkan trofi satunya lagi disimpan oleh pengelola liga. Jadi, sepanjang 2019/20, salah satu trofi masih disimpan di markas Man City selaku juara Premier League 2018/19.
Nah, lalu The Citizens harus mengembalikan trofi tersebut ke pihak Premier League setidaknya tiga pekan sebelum laga terakhir Premier League musim ini dihelat. Nantinya, trofi itu akan dioper ke Liverpool.

3) Berat dan ukuran trofi Premier League?

Trofi Premier League memiliki tinggi 104 cm dan lebar 61 cm. Berat totalnya 25,4 kg; sudah termasuk berat dasar trofi yang berisi ukiran nama-nama juara Premier League yang beratnya sendiri mencapai 15,9 kg,
ADVERTISEMENT

4) Siapa pembuat trofi Premier League?

Trofi Premier League dibuat oleh Asprey London. Itu adalah nama desainer, pabrikan; sekaligus pengecer perhiasan, perak, barang-barang rumah, barang-barang kulit, arloji, dan buku yang berbasis di Inggris Raya.

5) Bahan trofi Premier League

Badan utama trofi Premier League terbuat dari perak murni, mahkotanya dari emas perak 24 karat. Basisnya terbuat dari perunggu, batu semi mulia yang ditemukan di Afrika, dengan warna hijau dari batu buram yang mewakili bidang permainan.

6) Desain trofi Premier League

6 Fakta Trofi Premier League yang Kamu Harus Tahu (113118)
Trofi Premier League. Foto: Reuters/Matthew Childs
Desain trofi didasarkan pada tema "The Three Lions of English Football". Dua singa berada di atas gagang di kedua sisi trofi.
Ketika kapten tim juara mengangkat trofi bermahkota emas itu di atas kepalanya, dia tampak menjadi singa ketiga. Kurang lebih, begitu maksudnya.
ADVERTISEMENT
---
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona.