Bola & Sports
·
10 Juni 2021 15:56
·
waktu baca 3 menit

7 Bintang Timnas Italia di Euro 2020, Dua Pemain Mentas di Luar Serie A

Konten ini diproduksi oleh kumparan
7 Bintang Timnas Italia di Euro 2020, Dua Pemain Mentas di Luar Serie A (25419)
Selebrasi pemain Timnas Italia Ciro Immobile usai mencetak gol ke gawang Timnas Ceko pada pertandingan persahabatan di stadion Renato Dall'Ara, Bologna, Italia. Foto: Filippo MONTEFORTE / AFP
Timnas Italia berhasil melaju ke putaran final Euro 2020 dengan hasil sempurna. Tim asuhan Roberto Mancini ini berhasil merebut 10 kemenangan di fase grup sekaligus menjadi tim tak terkalahkan dalam kualifikasi Euro 2020.
ADVERTISEMENT
Jelang Euro 2020, Gli Azzurri berhasil mencatatkan rekor 27 laga tanpa terkalahkan. Bahkan, delapan laga terakhir yang dilakoni, Italia berhasil menang tanpa kemasukan satu pun gol.
Keberhasilan Timnas Italia ini tidak lepas dari racikan taktik Roberto Mancini dan sederet pemain bintang dalam skuadnya. Dari skuad yang dibawa ke Euro 2020, masing-masing posisi akan diisi oleh nama-nama besar.
Lantas, siapa saja pemain bintang tersebut? Berikut 7 pemain bintang dalam skuad Timnas Italia di Euro 2020.

Jorginho (Chelsea)

Pemain bintang dari Chelsea ini menjadi pemain kunci Italia di lini tengah. Bukan tanpa sebab, ia menjadi gelandang bertahan yang berhasil membawa Chelsea juara Liga Champions musim ini. Jorginho telah tampil 43 pertandingan dengan menyumbang delapan gol dan dua assist.
7 Bintang Timnas Italia di Euro 2020, Dua Pemain Mentas di Luar Serie A (25420)
Selebrasi pemain Chelsea Jorginho usai mencetak gol ke gawang Leicester City pada pertandingan lanjutan Premier League di Stamford Bridge, London, Inggris. Foto: Catherine Ivill/Pool/REUTERS
Kehebatannya di lini tengah membuat Jorginho selalu dipercaya masuk dalam skuad Italia. Sejak debutnya pada 2016, ia telah bermain sebanyak 28 kali dan menyumbangkan lima gol.
ADVERTISEMENT

Gianluigi Donnarumma (AC Milan)

Kiper muda AC Milan ini tampil cukup gemilang dalam beberapa musim. Meski umurnya masih 22 tahun, ia sedang diincar oleh klub-klub besar, seperti Manchester United dan Paris Saint-Germain.
7 Bintang Timnas Italia di Euro 2020, Dua Pemain Mentas di Luar Serie A (25421)
Gianluigi Donnarumma melakukan pemanasan jelang laga. Foto: AFP/Miguel Medina
Atas penampilannya yang mengesankan, Donnarumma telah dipanggil timnas senior sejak umurnya masih 17 tahun pada 2016 lalu. Hingga hari ini, ia telah mencatat 26 penampilan bersama Timnas Italia.

Alessandro Bastoni (Inter Milan)

Bastoni digadang-gadang menjadi bintang masa depan Italia berkat penampilan gemilangnya musim ini. Ia berhasil menjadi bek yang tangguh dan membawa Inter Milan meraih Scudetto musim ini.
7 Bintang Timnas Italia di Euro 2020, Dua Pemain Mentas di Luar Serie A (25422)
Bek Inter Milan, Alessandro Bastoni. Foto: Tiziana Fabi/AFP
Bek 22 tahun ini telah memulai debutnya di timnas pada November lalu. Bastoni telah mencatat lima pertandingan bersama Italia.

Leonardo Bonucci (Juventus)

Bek tangguh dari Juventus ini tidak bisa dilepaskan dari Timnas Italia. Bonucci telah memulai debutnya pada 2010 silam dan telah mencatat 102 penampilan dengan tujuh gol yang disumbangkan bersama Italia.
7 Bintang Timnas Italia di Euro 2020, Dua Pemain Mentas di Luar Serie A (25423)
Robert Lewandowski dari Polandia beraksi dengan Leonardo Bonucci Italia pada laga UEFA Nations League. Foto: KACPER PEMPEL/REUTERS
Di klub, namanya telah dikenang menjadi pemain andalan Juventus. Musim ini, pemain 34 tahun ini telah berhasil tampil 35 pertandingan di semua kompetisi bersama Juventus.
ADVERTISEMENT

Giorgio Chiellini (Juventus)

Selain Bonucci, Chiellini tidak bisa dilepaskan dalam duetnya di lini belakang Juventus dan Italia. Kapten Gli Azzurri ini menjadi pemain paling senior dalam skuad Euro 2020. Ia telah bergabung dengan timnas sejak 2004 dan telah bermain sebanyak 107 pertandingan.
7 Bintang Timnas Italia di Euro 2020, Dua Pemain Mentas di Luar Serie A (25424)
Pemain Timnas Italia Giorgio Chiellini berebut bola dengan pemain Timnas Ceko Michael Krmencik pada pertandingan persahabatan di stadion Renato Dall'Ara, Bologna, Italia. Foto: Alberto Lingria/REUTERS
Bersama Juventus, namanya telah menjadi legenda lantaran telah membela sejak 2005 atau sudah 16 tahun. Musim ini, jasanya kerap menjadi opsi kedua Pirlo. Tetapi ia berhasil bermain sebanyak 25 kali di semua kompetisi.

Marco Verratti (PSG)

Verratti telah tumbuh menjadi ikon PSG dan Italia. Gelandang 28 tahun ini selalu menjadi pilihan utama PSG di lini tengah. Musim ini, ia telah bermain sebanyak 31 pertandingan dengan enam assist di semua kompetisi bersama PSG.
7 Bintang Timnas Italia di Euro 2020, Dua Pemain Mentas di Luar Serie A (25425)
Pemain Italia, Marco Verratti, dijaga ketat oleh pemain Liechtenstein. Foto: REUTERS/Arnd Wiegmann
Tidak hanya di klub, Verratti menjadi pilihan utama juga di Timnas Italia. Ia memulai debutnya pada 2012 silam dan mencatat 40 penampilan dengan tiga gol.
ADVERTISEMENT

Ciro Immobile (Lazio)

Ciro Immobile akan menjadi pemain andalan Roberto Mancini di lini depan. Pemain 31 tahun ini menjadi salah satu striker paling tajam yang dimiliki Italia saat ini. Ia telah memulai debutnya pada 2014 dengan mencatat 46 penampilan dan mencetak 13 gol bersama Italia.
Musim ini, cetakan golnya tidak sebanyak musim lalu ketika ia meraih sepatu emas Liga Italia. Meski demikian, ia tetap mencetak 25 gol dan delapan assist dari 41 pertandingan bersama Lazio di semua kompetisi musim ini.
Penulis: Thontowi Wallace