8 Tim Besar yang Gagal Lolos Piala Dunia 2022, Eks Juara hingga Jagoan Afrika

30 Maret 2022 13:08
·
waktu baca 5 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
8 Tim Besar yang Gagal Lolos Piala Dunia 2022, Eks Juara hingga Jagoan Afrika (8325)
zoom-in-whitePerbesar
Pemain Italia Giorgio Chiellini dan rekan setimnya terlihat sedih usai pertandingan melawan Makedonia Utara di Stadio Renzo Barbera, Palermo, Italia, Kamis (24/3/2022). Foto: Guglielmo Mangiapane/REUTERS
ADVERTISEMENT
Piala Dunia 2022 yang dihelat di Qatar akan berlangsung pada November-Desember mendatang. Dari 32 slot yang tersedia, saat ini tercatat ada 27 tim yang sudah memastikan lolos dan bakal bertarung pada November mendatang.
ADVERTISEMENT
Di balik euforia tersebut, ada beberapa nama tim besar maupun langganan Piala Dunia yang gagal tampil karena tidak mampu melangkahi fase kualifikasi. Ada juga yang gagal eksis di Qatar akibat sanksi. KumparanBOLA telah merangkum 8 nama tim besar yang gagal lolos Piala Dunia 2022.
Siapa saja? Silakan disimak.

1. Timnas Italia

8 Tim Besar yang Gagal Lolos Piala Dunia 2022, Eks Juara hingga Jagoan Afrika (8326)
zoom-in-whitePerbesar
Pemain Italia Ciro Immobile bereaksi saat hadapi Makedonia Utara di Stadio Renzo Barbera, Palermo, Italia, Kamis (24/3/2022). Foto: Guglielmo Mangiapane/REUTERS
Timnas Italia, sang pemegang 4 titel juara Piala Dunia, secara mengejutkan harus mengubur mimpinya dalam-dalam untuk lolos ke Piala Dunia 2022. Hal itu terjadi sebab Gli Azzuri gagal memaksimalkan peluang saat berlaga di babak kualifikasi sehingga mengharuskannya tampil di playoff.
Akhirnya, Jorginho dan kolega harus melawan Makedonia Utara pada babak playoff yang digelar Jumat (25/3) kemarin. Nahas, Makedonia Utara yang merupakan tim medioker ternyata tampil di luar dugaan dan mengandaskan Italia dengan skor tipis 1-0.
ADVERTISEMENT
Hasil tersebut membuat tim besutan Roberto Mancini lagi-lagi gagal tampil di Piala Dunia untuk kedua kalinya setelah juga menderita pada 2018 lalu.
Terakhir kali Timnas Italia unjuk gigi dalam perhelatan empat tahunan itu adalah pada 2014. Sayang, saat itu Italia gagal lolos ke-16 besar sebab cuma menempati peringkat ke-3, di bawah Kosta Rika dan Uruguay.

2. Timnas Kolombia

8 Tim Besar yang Gagal Lolos Piala Dunia 2022, Eks Juara hingga Jagoan Afrika (8327)
zoom-in-whitePerbesar
Timnas Kolombia. Foto: REUTERS/Edgard Garrido
Hanya mampu menduduki peringkat ke-6 Pra Piala Dunia 2022 Zona Conmebol, Timnas Kolombia gagal mengamankan kursi di Qatar. Hal ini merupakan sebuah kejutan besar sebab James Rodrigues cs selalu langganan tampil sejak 2 periode ke belakang.
Timnas Kolombia berhasil menjadi jawara grup dan menembus perempat final Piala Dunia 2014. Namun, langkahnya terjegal sebab harus mengakui keunggulan Brasil dengan skor 2-1.
ADVERTISEMENT
Pada Piala Dunia 2018, lagi-lagi Los Cafeteros menempati puncak klasemen saat berlaga di fase grup. Namun, anak asuh Reinaldo Rueda gagal melaju ke babak selanjutnya usai dibungkam Inggris lewat drama 12 pas pada 16 besar.

3. Timnas Mesir

8 Tim Besar yang Gagal Lolos Piala Dunia 2022, Eks Juara hingga Jagoan Afrika (8328)
zoom-in-whitePerbesar
Timnas Mesir merayakan gol ke gawang Republik Kongo. Foto: REUTERS/Mohamed Abd El Ghany
Banyak yang mengatakan bahwa saat ini Timnas Mesir sedang on fire sebab diperkuat oleh pemain-pemain bintang. Sebut saja Mohamed Salah yang kini sedang bersinar bersama Liverpool.
Namun, anggapan tersebut tidak bisa dibenarkan sebab armada Carlos Queiroz gagal mengamankan tempat di Piala Dunia 2022 mendatang. Hal itu terjadi usai Mesir harus mengakui keunggulan Senegal melalui drama adu penalti dalam laga playoff yang digelar Rabu (30/3) dini hari tadi.
Terakhir kali The Pharaohs berlaga di ajang empat tahunan itu adalah pada 2018. Saat itu, Mesir tampil bobrok sehingga harus mendekam di dasar klasemen Grup A sebab mengoleksi nol poin.
ADVERTISEMENT

4. Timnas Aljazair

8 Tim Besar yang Gagal Lolos Piala Dunia 2022, Eks Juara hingga Jagoan Afrika (8329)
zoom-in-whitePerbesar
Ekspresi pemain Aljazair Riyad Mahrez saat melawan Pantai Gading di pertandingan Piala Afrika di Stade de Japoma, Douala, Kamerun, Kamis (20/1/2022). Foto: Charly Triballeau/AFP
Kisah Timnas Aljazair di Piala Dunia boleh dibilang sama persis dengan Italia. Riyadh Mahrez cs tampil cukup moncer saat berlaga di Pra Piala Dunia 2022 dengan memuncaki klasemen Grup A dengan raihan 14 poin.
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sayang, Tim yang dinakhodai Djamel Belmadi itu gagal lolos ke Qatar sebab dikalahkan Kamerun lewat selisih gol tandang pada babak playoff dua leg dengan agregat 2-2.
Terakhir kali Aljazair ikut serta dalam perhelatan empat tahunan itu adalah pada 2010 dan 2014. Pada 2010, Les Fennecs menunjukkan performa yang cukup melempem sehingga menjadi juru kunci Grup C dengan hanya menorehkan 1 poin.
Empat tahun berselang, Aljazair secara mengejutkan lolos ke-16 besar sebab sukses menjadi runner up Grup H dengan koleksi 4 poin. Namun, langkah Aljazair harus terhenti sebab dikandaskan Jerman di babak 16 besar lewat skor tipis 2-1.
ADVERTISEMENT

5. Timnas Cile

8 Tim Besar yang Gagal Lolos Piala Dunia 2022, Eks Juara hingga Jagoan Afrika (8330)
zoom-in-whitePerbesar
Timnas Cile di Copa America. Foto: Ricardo Moraes/REUTERS
Timnas Cile harus mengubur mimpinya dalam-dalam untuk tampil di Piala Dunia 2022 usai tampil buruk di babak kualifikasi. Tercatat, Pasukan Martín Lasarte cuma mampu duduk di peringkat ke-7 Pra Piala Dunia Zona Conmebol dengan raihan 19 poin.
Ini merupakan kali kedua Cile tidak unjuk gigi di Piala Dunia setelah pada 2018 mengemas kegagalan yang sama. Terakhir kali La Roja tampil di ajang empat tahunan itu adalah pada 2010 dan 2014.
Cile senantiasa menunjukkan penampilan yang cukup oke di fase grup dengan menempati posisi runner up. Entah pada 2010 maupun 2014, langkah Cile sama-sama terhenti di babak 16 besar sebab dikalahkan oleh Brasil dua kali berturut-turut.

6. Timnas Nigeria

8 Tim Besar yang Gagal Lolos Piala Dunia 2022, Eks Juara hingga Jagoan Afrika (8331)
zoom-in-whitePerbesar
Timnas Nigeria lolos ke semifinal Piala Afrika. Foto: Reuters/Amr Abdallah Dalsh
Timnas Nigeria untuk pertama kalinya gagal lolos ke Piala Dunia usai senantiasa unjuk gigi sejak 1994. Hal ini menyusul kekalahan tim besutan Augustine Eguavoen atas Ghana melalui gol tandang dalam laga playoff dua leg dengan skor 1-1.
ADVERTISEMENT
Tim berjuluk Super Eagles sebenarnya menunjukkan performa yang mentereng saat berlaga di Pra Piala Dunia dengan menduduki puncak klasemen C dengan torehan 13 poin.
Sebelumnya, Nigeria sebenarnya merupakan unggulan di kualifikasi Piala Dunia Zona Afrika sebab senantiasa lolos dan mentas di ajang empat tahunan tersebut.

7. Timnas Pantai Gading

8 Tim Besar yang Gagal Lolos Piala Dunia 2022, Eks Juara hingga Jagoan Afrika (8332)
zoom-in-whitePerbesar
Selebrasi pemain Pantai Gading saat melawan Aljazair di pertandingan Piala Afrika di Stade de Japoma, Douala, Kamerun, Kamis (20/1/2022). Foto: Thaier Al-Sudani/Reuters
Timnas Pantai Gading kembali gagal tampil di Piala Dunia sebab gagal tampil apik di fase kualifikasi. Anak asuh Patrice Beaumelle cuma mampu bertengger di posisi runner up Grup D dengan raihan 13 poin sehingga gagal melaju ke babak playoff.
Eks tim Didier Drogba ini terakhir kali mentas di ajang empat tahunan tersebut pada 2014. Kala itu, Pantai Gading hanya menempati peringkat ke-3 Grup C berkat koleksi 3 poin.
ADVERTISEMENT

8. Timnas Rusia

8 Tim Besar yang Gagal Lolos Piala Dunia 2022, Eks Juara hingga Jagoan Afrika (8333)
zoom-in-whitePerbesar
Selebrasi pemain Timnas Rusia usai mencetak gol ke gawang Timnas Finlandia pada pertandingan grup B Euro 2020 di Saint Petersburg Arena, Saint Petersburg, Rusia. Foto: Dmitri Lovetsky/Pool/REUTERS
Gegara konflik politik, Timnas Rusia gagal unjuk gigi di Piala Dunia 2022. Hal ini merupakan sesuatu yang sangat disayangkan sebab tim asuhan Valeri Karpin tampil cukup menawan di fase kualifikasi.
Buktinya, Artem Dzyuba dan kolega sukses menduduki peringkat ke-2 Grup H dengan raihan 22 poin. Artinya, Rusia berkesempatan mengamankan tempat di Qatar dengan melakoni laga playoff melawan Polandia.
Sayang, Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) menjatuhi sanksi larangan tampil kepada sepak bola Rusia (Timnas dan Klub). Hal tersebut membuat Rusia gagal unjuk gigi kembali setelah terakhir kali menjadi Tuan Rumah pada Piala Dunia 2018.
Penulis: Hamas Nurhan R T
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020