Bola & Sports
·
3 September 2020 19:06

Abdelhak Nouri, Talenta Besar Ajax yang Redup Seketika

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Abdelhak Nouri, Talenta Besar Ajax yang Redup Seketika (11118)
Abdelhak Nouri saat memperkuat Ajax di Liga Europa musim 2016/17. Foto: Dean Mouhtaropoulos/Getty Images
Bergabungnya Donny van de Beek ke Manchester United menyisakan kisah haru. Eks gelandang Ajax Amsterdam tersebut memilih nomor punggung 34 sebagai bentuk penghormatan kepada mantan rekannya di Ajax, Abdelhak Nouri.
ADVERTISEMENT
Ya, perjalanan karier Nouri memang tragis. Di usia muda, ia dipaksa pensiun dini berkat tragedi mengerikan yang menimpanya ketika sedang bermain untuk Ajax pada 2017 silam.
Nouri merupakan produk asli binaan akademi Ajax. Lahir di Amsterdam, Nouri bergabung bersama raksasa Liga Belanda tersebut sejak usia 9 tahun.
Ia digadang-gadang bakal menjadi pemain besar. Bersama Matthijs de Ligt, Donny van de Beek, dan Frenkie de Jong, Nouri bermain bersama tim muda Ajax pada 2015.
Di level Tim Nasional, Nouri juga merupakan langganan Timnas Belanda di kelompok usia. Ia tercatat merupakan penggawa De Oranje mulai dari kelompok usia U-15 hingga U-21.
Kariernya memang tak cemerlang rekan-rekannya. Bahkan, ia kini sudah dipastikan menepi dari rumput hijau untuk selama-lamanya.
ADVERTISEMENT
Ya, pada 8 Juli 2017, kejadian mengerikan menimpa dirinya. Nouri yang kala itu tengah bermain di laga pramusim kontra Werder Bremen, tersungkur di tengah pertandingan.
Setelah melakukan rangkaian pemeriksaan medis, Nouri dikabarkan mengalami kerusakan otak secara permanen. Penyakit tersebut dialaminya karena mengalami aritmia atau kelainan detak jantung yang membuat suplai oksigen ke otaknya terhenti.
Sempat koma selama satu tahun lebih, pada awal 2020 kondisi kesehatan Nouri dikabarkan sudah berangsur pulih. Ia bahkan diketahui sudah kembali menyaksikan pertandingan sepak bola.
Pada Maret lalu, saudara laki-laki Nouri, Abderrahim Nouri, mengonfirmasi bahwa kondisi eks gelandang Ajax tersebut sudah jauh lebih baik. Namun, saat itu ia juga menegaskan bahwa Nouri belum mampu berkomunikasi sejak sadar dari koma.
ADVERTISEMENT
''Sekarang kami merawatnya di rumah. Kondisinya sekarang jauh lebih baik. Ia sadar sekarang ada di mana. Ia kembali ke lingkungan yang dikenalinya dan dekat dengan keluarga. Dia tidak lagi koma," kata Abderrahim, dilansir Goal International.
Peristiwa Nouri memang cukup menggemparkan dunia sepak bola. Selain Van de Beek, ada Justin Kluivert bersama AS Roma, dan Amin Younes bersama Napoli, yang memilih nomor punggung 34 sebagai bentuk simpati kepada Nouri.
Di samping itu, dukungan dari para fans dan klub juga luar biasa. Ribuan penggemar dikabarkan berkumpul untuk memberi dukungan kepada Nouri pasca-kejadian tersebut.
Sementara, Ajax juga pernah menghentikan pertandingan di menit ke-34 serta mempersembahkan gelar Liga Belanda ke-34 mereka kepada Nouri.
ADVERTISEMENT
***
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona.
Penulis: Mohammad Insan Bagus Laksono