Bola & Sports
·
31 Maret 2020 20:12

Ajax Amsterdam Putus Kontrak Abdelhak Nouri

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Ajax Amsterdam Putus Kontrak Abdelhak Nouri (405908)
Abdelhak Nouri saat memperkuat Ajax di Liga Europa musim 2016/17. Foto: Dean Mouhtaropoulos/Getty Images
Kondisi Abdelhak Nouri semakin membaik. Setelah sempat mengalami koma selama setahun, Nouri bisa mulai kembali menikmati sepak bola.
ADVERTISEMENT
Akan tetapi waktunya bersama Ajax Amsterdam telah berakhir. Reuters memberitakan bahwa Ajax resmi memutus kontraknya. Kontrak Nouri bersama Ajax sendiri tadinya akan diperbarui pada 1 Juli nanti.
Ajax sendiri selalu membayar gaji Nouri selama dirinya dalam kondisi koma. Adapun, Nouri mengalami koma sejak pertengahan 2017 lalu. Ia sadar dari kondisi koma pada Agustus 2018.
Pada 8 Juli 2017, Nouri kolaps akibat serangan jantung saat memperkuat Ajax dalam uji tanding menghadapi Werder Bremen. Kolapsnya pemain keturunan Maroko tersebut membuat laga tersebut langsung dihentikan.
Sempat ada perselisihan antara pihak Ajax dengan keluarga Nouri. Pihak keluarga menginginkan ganti rugi dari Ajax yang dianggap gagal memberikan perawatan medis terhadap Nouri di lapangan.
"Kami menyadari tanggung jawab dan kewajiban kami atas konsekuensi atas kejadian ini," ucap Edwin van der Sar, general manager Ajax, pada 2018 lalu.
ADVERTISEMENT
Sebelum kolaps, Nouri sempat bermain 15 kali untuk Ajax. Dia debut di musim 2016/17 dan dinilai sebagai salah satu pemain muda paling menjanjikan di Belanda dan Eropa. Hebatnya, Nouri berhasil menyabet penghargaan Pemain Terbaik Eerste Divisie pada 2016/17.
Selain bersama Ajax, Nouri memperkuat Timnas Belanda di semua kelompok umur. Pada 2016, ia tercatat sebagai salah satu pemain yang masuk ke dalam Tim Terbaik Piala Eropa U-19.
****
*kumparanDerma membuka campaign crowdfunding untuk bantu pencegahan penyebaran corona virus. Yuk, bantu donasi sekarang!