kumparan
17 Januari 2019 16:43

Alex Sandro dan Kepahlawanannya yang Dilupakan

Alex Sandro
Alex Sandri (kiri) berduel dengan Fabio Borini dalam laga Juventus vs AC Milan. (Foto: Marco Bertorello/AFP)
Selepas kesuksesan Juventus menjuarai Piala Super Italia, Kamis (17/1/2019), tak sedikit pun sorotan tertuju kepada Alex Sandro. Padahal, pemain yang beroperasi sebagai full-back kiri ini merupakan faktor integral di balik kemenangan timnya atas AC Milan dengan skor 1-0.
ADVERTISEMENT
Terlihat betul ketangguhan Alex Sandro dalam membendung serangan I Bianconeri. Dia tercatat melakukan 5 tekel dan memenangi 2 duel udara sepanjang 90 menit. Agresivitas Alex Sandro inilah yang menjadi modal untuk menandingi Samu Castillejo pada menit ke-26.
Lihat saja insiden pada menit ke-26. Alex Sandro tak segan untuk bermain keras demi merebut bola dari Castillejo. Sampai-sampai wasit harus melayangkan kartu kuning untuk eks penggawa Porto tersebut.
Gara-gara kegalakan Alex Sandro, Samu Castillejo pun tak bisa berbuat banyak. Dia bahkan gagal mengkreasikan satu pun umpan kunci yang dibutuhkan untuk memanjakan Patrick Cutrone. Maka, tak heran jika Castillejo itu dipaksa memberikan tempatnya kepada Gonzalo Higuain pada menit ke-71.
Alex Sandro
Alex Sandro (kanan) diadang Samuel Castillejo dalam laga Juventus vs AC Milan. (Foto: Giuseppe Cacace/AFP)
Tak cuma menyoal aspek defensif, Alex Sandro juga memberikan kontribusi signifikan terhadap serangan-serangan Juventus. Dia kerap melakukan overlap lewat kemampuan olah bolanya. Sebanyak 8 kali Alex Sandro mampu melakukan dribel yang mengecoh lawan dari 9 percobaan. Faktor ini juga membuat Davide Calabria lebih sibuk menjaga sisi kanan pertahanan Milan, alih-alih menyokong Castillejo dalam menyerang.
ADVERTISEMENT
Apa yang dilakukan Alex Sandro ketika merangsek naik ke daerah lawan tak sekadar atraksi secara individu. Jika menemukan ruang cukup terbuka, pemain Brasil ini tak jarang melepaskan umpan silang ke kotak penalti. Momen tersebut hadir pada menit ke-42. Bola dari sisi kiri disambut Cristiano Ronaldo dengan tembakan voli, tetapi arahnya masih melayang di atas mistar gawang.
Berangkat dari aksi dan statistik apik Alex Sandro, Whoscored pun berani mengganjarnya dengan rapor 9. Ini menjadi raihan tertinggi dibandingkan pemain-pemain Juventus lainnya, termasuk Ronaldo yang cuma mendapatkan 7,8.
Kendati begitu, betapa impresif penampilan Alex Sandro di pertandingan Piala Super Italia tak terdengar karena pamornya. Jurnalis-jurnalis yang hadir lebih tertarik meramaikan pemberitaan dengan cerita tentang Ronaldo dan trofi perdananya sejak mendarat di Turin. Juga dengan betapa menentukannya bintang Portugal tersebut dalam pertandingan final.
ADVERTISEMENT
Bahkan, pelatih Massimiliano Allegri pun terbawa arus. Dia sama sekali tak menyinggung kepahlawanan Alex Sandro dalam jumpa pers selepas pertandingan. Hanya nama Ronaldo, Paulo Dybala, dan Douglas Costa yang dibahas oleh sang juru taktik dalam sesi itu.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan