kumparan
20 Januari 2020 18:56

Andrew Robertson: Virgil Van Dijk Adalah Panutan

Virgil van Dijk (P)
Virgil van Dijk dalam pertandingan Premier League. Foto: Reuters/Carl Recine
Andrew Robertson dan Virgil van Dijk adalah kepingan penting dari lini belakang Liverpool. Keduanya saling bahu-membahu membawa klub mereka berjaya di Premier League 2019/2020. Menariknya, Robertson menyatakan bahwa Van Dijk bukan sekadar rekan setim buatnya.
ADVERTISEMENT
Ya, Robertson memandang Van Dijk sebagai seorang panutan. Dari situ, bek kiri asal Skotlandia itu menyatakan bahwa Van Dijk adalah sosok yang wajib dicontoh oleh pesepak bola muda yang ingin menapaki jalan ke level tertinggi.
“Saya sangat bahagia bisa bermain bersamanya (Van Dijk). Dia adalah panutan yang fantastis, pesepak bola yang fantastis, dan bek tengah yang fantastis,” kata Robertson, dikutip dari Goal International.
“Buat pesepak bola yang masih muda dan ingin berkembang jauh, saya sarankan mereka untuk menonton Van Dijk bermain. Ia bisa membuat bermain sepak bola terlihat mudah, tetapi itu merupakan buah dari kerja kerasnya. Ia selalu berlatih keras setiap hari,” tambah eks pemain Hull City itu.
ADVERTISEMENT
Virgil van Dijk
Bek tengah Liverpool, Virgil van Dijk. Foto: Reuters/Carl Recine
Sebagai pesepak bola, kemampuan Van Dijk memang istimewa. Ia mampu melakukan tugas bertahan dengan luar biasa baik, tetapi ia juga dapat berkontribusi dalam aspek lain, seperti membangun serangan dan mencetak gol.
Seperti yang Robertson bilang, Van Dijk terlihat effortless ketika melakukan semua itu. Permainan bek tengah asal Belanda itu elegan, tetapi sangat efektif. Van Dijk juga jarang terlihat emosional di lapangan.
Contoh dari fenomenalnya permainan Van Dijk terlihat di laga teraktual Liverpool—melawan Manchester United di laga Premier League, Minggu (19/1/2020) malam WIB. Pada laga tersebut, Van Dijk sanggup mencetak satu dari dua gol yang diciptakan timnya, dan mencegah gawang Liverpool dari kebobolan.
Selain itu, Van Dijk juga tercatat sebagai pemain dengan jumlah operan terbanyak (73) di laga itu. Persentase operan suksesnya juga mencapai 73%. Sudah tentu, ia melakukan semua itu tampak menunjukkan emosinya. Bahkan, ketika mencetak gol, raut muka Van Dijk tak banyak berubah.
ADVERTISEMENT
Liverpool melawan Manchester United
Selebrasi pemain Liverpool Virgil van Dijk usai mencetak gol ke gawang Manchester United pada lanjutan Premier League di Anfield, Liverpool, Inggris. Foto: REUTERS/ Carl Recine
Dari situ, tak mengherankan apabila Whoscored mengganjar Van Dijk dengan nilai 8,53—tertinggi di laga tersebut.
Kendati begitu, Robertson menegaskan bahwa semua penggawa Liverpool bermain apik di laga versus United, termasuk sang kapten, Jordan Henderson.
Gelandang asal Inggris itu memang tampil memukau. Henderson berhasil menjadi pemain dengan torehan tekel sukses terbanyak (5)—bersama Alex Oxlade-Chamberlain—di pertandingan melawan United.
“Semua pemain tampil fantastis. Saya juga berpikir bahwa Henderson begitu bagus kala melawan United. Ia tampil fenomenal. Van Dijk sudah mendapatkan banyak pujian, jadi saya akan menyebarkan pujian itu buat yang lain,” canda Robertson.
-----
Mau nonton bola langsung di Inggris? Ayo, ikutan Home of Premier League. Semua biaya ditanggung kumparan dan Supersoccer, gratis! Ayo, buruan daftar di sini. Tersedia juga hadiah bulanan berupa Polytron Smart TV, langganan Mola TV, dan jersi original.
ADVERTISEMENT