Bola & Sports26 Agustus 2019 8:29

Aplaus Valverde untuk Griezmann

Konten Redaksi kumparan
Aplaus Valverde untuk Griezmann (478748)
Ekspresi Antoine Griezmann setelah mencetak gol dalam laga Barcelona vs Real Betis. Foto: Josep Lago/Reuters
Roda kehidupan Antoine Griezmann berputar cepat. Baru pekan lalu, penyerang Timnas Prancis itu menuai kritik deras akibat performa minornya. Kini, Griezmann justru banjir pujian.
ADVERTISEMENT
Penyebabnya apa lagi kalau bukan performa apik saat Barcelona menang 5-2 atas Real Betis, Senin (26/8/2019) dini hari WIB. Dia tak cuma mencetak dwigol, tetapi juga mengkreasikan assist untuk lesakan Arturo Vidal.
Kegemilangan Griezmann lantas menuai pujian dari pelatih Ernesto Valverde. Bagi sang pelatih, rekrutan anyarnya itu telah membuktikan, Barcelona baik-baik saja meski tampil tanpa Lionel Messi serta Luis Suarez yang cedera.
"Saya harus mengakui bahwa hari ini penting bagi Griezmann, menimbang masalah cedera yang menerpa kami. Dan, dia bereaksi secara sempurna," tutur Valverde, dilansir oleh Marca.
Aplaus Valverde untuk Griezmann (478749)
Ernesto Valverde menjalani jumpa pers di markas Barcelona. Foto: Josep Lago/Reuters
Antoine Griezmann, menurut Valverde, juga menampilkan permainan yang jauh berbeda dibandingkan pekan sebelumnya atau saat Barcelona takluk 0-1 dari Athletic Bilbao. Ketika itu, Griezmann sempat mendapat rapor merah dari sang juru taktik karena terlalu pasif dalam build-up serangan.
ADVERTISEMENT
Mengacu rekaman Whoscored, Griezmann memang cuma mencatatkan 22 sentuhan dalam laga di San Mames tersebut. Kuantitasnya meningkat drastis saat menghadapi Betis.
Total, Griezmann 83 kali menyentuh bola, mengungguli gelandang Frenkie de Jong yang cuma melakukan 74 sentuhan. Dari sentuhan sebanyak itu, Griezmann mengonversinya menjadi empat tembakan ke gawang, dua umpan kunci, serta satu dribel sukses sepanjang pertandingan.
"Griezmann kerap turun ke lini tengah untuk membantu para gelandang dan menunjukkan impaknya. Karena ketika pemain depan mau turun ke bawah, kami memiliki peluang lebih besar untuk memenangi pertandingan," ucap Valverde.
Aplaus Valverde untuk Griezmann (478750)
Antoine Griezmann melakukan selebrasi seusai mencetak gol dalam laga Barcelona vs Real Betis. Foto: Josep Lago/AFP
Apa yang ditunjukkan Antoine Griezmann dalam laga teraktual di Camp Nou jelas menjadi kabar baik bagi Barcelona. Tak sia-sia manajemen mengucurkan 120 juta euro demi membajaknya dari Atletico Madrid pada bursa transfer musim panas 2019.
ADVERTISEMENT
Kabar baik bisa bertambah menyoal Lionel Messi. Walaupun cuma duduk di tribune saat timnya melawan Betis, Messi sudah menunjukkan progres signifikan dalam pemulihan cederanya. Diharapkan oleh Valverde, Messi bisa berduet dengan Griezmann pada laga pekan ketiga menghadapi Osasuna, Sabtu (31/8).
"Kami sudah mengatakan sebelumnya. Kami tak mau buru-buru memaksakan Messi. Jangan sampai dia mengalami cedera kambuhan," kata Valverde soal alasan Messi tak tampil di laga terakhir.