Argentina Juara Piala Dunia, Jangan Lupakan Kontribusi Paulo Dybala

20 Desember 2022 19:35
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Pemain Argentina Paulo Dybala tiba di Bandara Internasional Hamad, Doha, Qatar, untuk Piala Dunia FIFA Qatar 2022, Kamis (17/11/2022). Foto: Hannah McKay/REUTERS
ADVERTISEMENT
Penyerang Argentina, Paulo Dybala, sejatinya jarang mendapat menit bermain di Piala Dunia 2022. Kendati demikian, Dybala juga andil dalam membawa 'Tim Tango' meraih juara dunia ketiganya di Qatar.
ADVERTISEMENT
Dalam tujuh pertandingan yang dilakoni Argentina di Piala Dunia 2022, Dybala hanya tampil dua kali dan sebagai pemain pengganti, yakni pada babak semifinal dan partai final. Data statistik Fotmob mencatat bahwa pemain AS Roma itu hanya bermain selama 17 menit dalam dua kesempatan tersebut.
Pada babak semifinal melawan Kroasia, Paulo Dybala masuk menggantikan Julian Alvarez pada menit ke-74. Sementara itu, di partai puncak menghadapi Prancis, pemain 29 tahun itu diturunkan Lionel Scaloni pada akhir babak perpanjangan waktu kedua menggantikan Nicolas Tagliafico.
Dengan kondisi yang saat itu imbang, Scaloni diklaim memainkan Dybala pada pertandingan final untuk menjadi salah satu algojo titik putih bagi Argentina. Dybala yang ditunjuk sebagai penendang kedua di babak adu penalti sukses menjalankan tugasnya dengan baik.
Paulo Dybala dan Lautaro Martinez berlatih di kamp Timnas Argentina. Foto: AFP/Juan Mabromata
Kontribusi mantan pemain Juventus tersebut tidak itu saja. Satu clearance yang dilakukannya pada laga final juga menggagalkan peluang Mbappe yang sudah berada di kotak penalti Argentina.
ADVERTISEMENT
Tepatnya jelang akhir babak extra time, Mbappe yang meliuk-liuk melewati tiga pemain La Albiceleste dari sektor sayap hingga menyisir ke kotak penalti, hampir menjadi ancaman bagi gawang Emiliano Martinez andai Dybala tidak melakukan sapuan.
Keputusan Scaloni untuk tidak memainkan Dybala hingga babak perempat final sempat dipertanyakan. Pelatih 44 tahun itu akhirnya buka suara terkait keputusannya tersebut jelang laga perempat final melawan Belanda, Sabtu (10/12) dini hari WIB.
"Dia [Dybala] tidak bermain karena saya tidak melihat momen untuk memainkannya. Dia baik-baik saja, dia bisa menjadi bagian dari starting XI. Akan tetapi, dalam pertandingan yang telah kami mainkan, kami belum memiliki kesempatan untuk menurunkannya," ujar Scaloni dikutip dari Metro.
Pelatih Argentina Lionel Scaloni selama latihan di Kamp Pelatihan Julio Humberto Grondona, Ezeiza, Argentina. Foto: Agustin Marcarian/REUTERS
Adapun Piala Dunia 2022 merupakan partisipasi yang kedua bagi Dybala. Sebelumnya, sang pemain mengukir debutnya di Piala Dunia pada edisi 2018 di Rusia.
ADVERTISEMENT
Dalam dua edisi Piala Dunia, data statistik Fotmob mencatat Dybala telah tampil tiga kali dan ia hanya bermain selama 39 menit tanpa mencetak gol.
Meskipun demikian, Dybala menjadi salah satu pilar yang mampu mengantarkan La Albiceleste merengkuh gelar ketiga di Piala Dunia sekaligus mengakhiri penantian panjang mereka selama 36 tahun.
Penulis: M. Fadhil Pramudya P.