Bola & Sports
·
16 Juli 2020 8:53

Arsenal Paksa Pemain Liverpool Bikin Blunder, Ini Kunci Suksesnya

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Arsenal Paksa Pemain Liverpool Bikin Blunder, Ini Kunci Suksesnya (36610)
Arsenal kalahkan Liverpool di Stadion Emirates. Foto: Paul Childs/Pool/REUTERS
Tiga poin dari laga Arsenal vs Liverpool, Kamis (16/7) dini hari WIB, di Stadion Emirates sukses diamankan tim tuan rumah. The Reds kalah 2-1, mereka kebobolan dengan cara yang memalukan.
ADVERTISEMENT
Alisson Becker dan Virgil van Dijk--salah satu kiper dan bek terbaik dunia saat ini--membuat blunder yang memungkinkan The Gunners mencetak dua gol di laga pekan ke-36 Premier League 2019/20 itu.
Walau gol itu dinilai berbau keberuntungan, Mikel Arteta mengeklaim ada usaha dari para pemain depannya, sehingga dua pemain di lini pertahanan skuat besutan Juergen Klopp itu sampai bisa membikin blunder.
"Ini cara kami. Lihat saja bagaimana mereka melakukan setiap duel, setiap aksi, seberapa intens mereka, semua pemain mau melakukan itu dan jika Anda menekan operan bola, lawan akan membuat kesalahan," katanya kepada Arsenal Digital.
Arsenal Paksa Pemain Liverpool Bikin Blunder, Ini Kunci Suksesnya (36611)
Pelatih Arsenal, Mikel Arteta. Foto: Tim Goode/Pool via REUTERS

Tekanan Arsenal berbuah blunder Liverpool

Gol pertama The Gunners tercipta pada menit ke-32. Reiss Nelson menekan Van Dijk yang, secara ancang-ancang, tampak ingin mengoper bola ke Georginio Wijnaldum.
ADVERTISEMENT
Karena melihat kompatriotnya di Timnas Belanda itu diapit Lucas Torreira dan Alexandre Lacazette, jadilah dia melakukan operan ke belakang dengan harapan Alisson atau Fabinho mengambilnya. Namun, operannya terlalu tanggung dan malah disambar Lacazette dan jadi gol.
Arsenal Paksa Pemain Liverpool Bikin Blunder, Ini Kunci Suksesnya (36612)
Pressing sistematis Arsenal sebelum terjadinya gol. Foto: Tangkapan layar kanal YouTube resmi Arsenal
Pada gol kedua, yang terjadi pada menit 44, Nelson dan Lacazette kembali beraksi. Si winger asal Inggris menekan Alisson hingga operan kiper asal Brasil itu menjadi agak ngaco.
Niatnya, sih, bola itu diarahkan ke Andrew Robertson. Namun sebelum bola tiba di kaki si bek asal Skotlandia, Lacazette keburu menyambarnya, membawa bola melebar, lalu melepas umpan yang dikonversi menjadi gol oleh Nelson.
Arsenal Paksa Pemain Liverpool Bikin Blunder, Ini Kunci Suksesnya (36613)
Operan Alisson jadi ngaco gara-gara ditekan Nelson. Foto: Tangkapan layar kanal YouTube resmi Arsenal
Video
"Kami mengalahkan juara Premier League dan Liga Champions dan Anda tahu betapa dominannya mereka. Mereka mengendalikan setiap aspek pertandingan. Bukan kebetulan apa yang mereka lakukan, saya sangat senang," kata Arteta.
ADVERTISEMENT
"[Liverpool] mungkin jagonya dalam memaksa lawan membuat kesalahan dan eror dengan cara mereka menekan dan selalu mengurung Anda, tetapi kami melakukannya dengan sangat baik dan saya senang," pungkasnya.
---
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona.