kumparan
28 Oktober 2019 18:13

Bagus Kahfi: Target Tinggi meski Indonesia Lolos ke Piala Dunia U-20

Timnas Indonesia U-19 melawan Timnas China U-19, POTRAIT
Selebrasi pemain timnas Indonesia U-19 Bagus Kahfi usai mencetak gol ke gawang timnas China U-19 di Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jawa Timur, Kamis (17/10/2019). Foto: ANTARA FOTO/Zabur Karuru
Bagus Kahfi baru saja bangun tidur pada Kamis (24/10/2019) siang. Hal pertama yang kemudian ia lakukan adalah mengecek grup WhatsApp yang berisi para pemain Timnas U-19 Indonesia.
ADVERTISEMENT
Saat membukanya, ia dibikin kaget bukan main. Grup tersebut sudah dipenuhi kalimat-kalimat bernada syukur. Penyebabnya? FIFA resmi memilih Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2021.
"Saya baru bangun tidur. Enggak tahu apa-apa. Pas buka WhatsApp, udah pada heboh semua. Bersyukur banget," kata Bagus saat ditemui sejumlah wartawan usai menghadiri acara penayangan dokumenter Garuda Select, Senin (28/10) sore.
Respons Bagus dan rekan-rekannya di grup tersebut adalah hal yang amat wajar. Dengan berstatus tuan rumah, itu berarti Indonesia secara otomatis menembus babak utama.
Dalam hal ini, Bagus yang kini berusia 17 tahun besar kemungkinan bakal menjadi bagian dari Timnas U-21 Indonesia. Begitu pula sebagian besar penggawa Timnas U-19 lain.
Timnas Indonesia U-19 melawan Timnas China U-19
Pemain Timnas U-19 Indonesia Amiruddin Bagus Kahfi (tengah) berebut bola dengan pemain Timnas China U-19 saat laga uji coba di Gelora Bung Tomo, Surabaya. Foto: ANTARA FOTO/Zabur Karuru
ADVERTISEMENT
Status demikian pada akhirnya juga membuat langkah mereka di Piala Asia U-19 2020 lebih enteng. Tanpa menembus semifinal pun --yang merupakan syarat lolos ke Piala Dunia-- mereka tetap bakal mentas.
Meski begitu, Bagus tetap mengincar target tinggi di Piala Asia kelak. Ajang tersebut memang tak menentukan status keikutsertaan mereka di Piala Dunia lagi, tetapi lain halnya dengan kebanggaan negara.
Bagus dan rekan-rekannya ingin membuktikan bahwa Indonesia bisa bersaing di level elite. Ini pula yang berulang kali dijejali pelatih Fakhri Husaini kepada mereka di banyak kesempatan.
"Kami punya target untuk masuk empat besar Asia (semifinal). Itu target dari lama. Tapi, sampai sekarang targetnya tetep itu," ungkap Bagus.
Timnas Indonesia U-19 melawan Timnas China U-19
Selebrasi pemain timnas Indonesia U-19 Bagus Kahfi usai mencetak gol ke gawang timnas China U-19 di Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jawa Timur, Kamis (17/10/2019). Foto: ANTARA FOTO/Zabur Karuru
"Mau kami udah lolos otomatis atau gimana, yang penting harus sesuai target. Kami ingin ada di empat besar Piala Asia," lanjutnya.
ADVERTISEMENT
Tahun lalu, Bagus Kahfi yang tergabung di Timnas U-16 hampir saja membawa Indonesia berlaga di Piala Dunia U-17 2019. Disebut hampir sebab mereka cuma bisa mencapai babak perempatfinal Piala Asia U-16.
Nah, Piala Asia U-19 bakal menjadi momen yang tepat bagi Bagus dan kolega untuk melampaui catatan tersebut.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan