kumparan
3 Desember 2019 5:23

Ballon d'Or Feminin 2019 Jadi Milik Megan Rapinoe

[PORTRAIT] Ballon d'Or
Trofi Ballon d'Or. Foto: Thomas SAMSON / AFP
Di Theatre du Chatelet, Paris, pada Selasa (3/12/2019), Megan Rapinoe dinobatkan sebagai pesepak bola kedua yang diganjar Ballon d'Or Feminin.
ADVERTISEMENT
Ya, begitulah. Ballon d'Or Feminin 2019 adalah edisi kedua. Pada 2018 alias perdana, Ada Hegerberg yang mengangkat trofi ini.
Ballon d'Or Feminin 2019 tidak menjadi satu-satunya penghargaan individu yang diraih Rapinoe pada 2019. Penggawa Timnas Wanita Amerika Serikat ini juga diganjar sebagai Pemain Wanita Terbaik FIFA 2019.
Bagaimanapun, tahun 2019 adalah periode gemilang bagi Rapinoe. Pesepak bola 34 tahun ini berhasil mengangkat Timnas Wanita AS sebagai juara dunia.
Di turnamen itu Rapinoe tampil impresif dan menyabet dua gelar individu sekaligus: Pemain Terbaik (Bola Emas) dan Pencetak Gol Terbanyak (Sepatu Emas).
Megan Rapinoe
Peraih Ballon d'Or Feminin 2019, Megan Rapinoe. Foto: FRANCK FIFE / AFP
Kisah Rapinoe tidak hanya tentang menendang bola dan mencetak gol. Keberadaannya menegaskan bahwa sepak bola memberi ruang bagi perlawanan. Dalam kasus Rapinoe, kritik kepada Donald Trump menjadi contoh.
ADVERTISEMENT
Trump menyebutnya sudah melecehkan negara. Rapinoe tak gentar. Ia tak ambil pusing. Omongan sang presiden dijawabnya dengan elegan: Mahkota kampiun Piala Dunia Wanita 2019.
Itu adalah kali kedua Rapinoe mengantar AS jadi juara Piala Dunia Wanita. Gelar serupa dipersembahkannya pada 2015.
Siapa-siapa yang menjadi pemenang di Ballon d'Or 2019 mengingatkan sebagian kita akan FIFA Best Award 2019. Lionel Messi, Megan Rapinoe, dan Alisson Becker dinobatkan sebagai Pesepak Bola Terbaik, Pesepak Bola Wanita Terbaik, dan Penjaga Gawang [Pria] Terbaik versi Ballon d'Or dan FIFA.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan