Bola & Sports
·
3 Desember 2020 12:37

Beckham Putra Cedera Lutut, Diperkirakan Absen dari Timnas U-19 Sebulan

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Beckham Putra Cedera Lutut, Diperkirakan Absen dari Timnas U-19 Sebulan (1021627)
searchPerbesar
Pemain timnas Indonesia Beckham Putra Nugraha (tengah) berusaha melewati pemain timnas Myanmar pada penyisihan Grup A Piala AFF U-18 2019 di Stadion Thong Nhat, Ho Chi Minh, Vietnam. Foto: ANTARA FOTO/Yusran Uccang
Penggawa Timnas U-19 Indonesia, Beckham Putra Nugraha, tengah dibekap cedera. Pemain 19 tahun tersebut kudu menepi dari pemusatan latihan 'Garuda Muda' yang sudah berlangsung sejak tiga minggu belakangan.
ADVERTISEMENT
Imbasnya, Beckham dipulangkan ke Persib Bandung. Pemain yang identik dengan nomor punggung 7 tersebut saat ini tengah menjalani penyembuhan bersama Pangeran Biru.
Terkait cedera yang diderita, Dokter Persib yakni Rafi Ghani mengkonfirmasi bahwa Beckham menderita cedera lutut. Hal itu diketahui usai pemeriksaan Magnetic Resonance Imaging alias MRI.
''Sudah saya terima hasil MRI Beckham dari dokter yang menanganinya di Timnas U-19. Hasilnya Beckham mengalami cedera di lutut bagian kiri, meniskus grade satu,'' kata Rafi dikutip dari simamaung.
Beckham Putra Cedera Lutut, Diperkirakan Absen dari Timnas U-19 Sebulan (1021628)
searchPerbesar
Timnas U-19 saat menghadapi Makedonia Utara dalam laga uji coba di Kroasia, Rabu (14/10). Foto: Instagram/@PSSI
Meniskus grade satu terjadi akibat robekan kecil karena gerakan yang memaksa lutut memutar mendadak. Rasa nyeri dirasakan Beckham ketika berlatih di hari pertama pemusatan latihan Timnas U-19 pada 16 November 2020 di Jakarta. Sempat ia paksakan hingga lututnya tak bisa menekuk.
ADVERTISEMENT
Observasi harus dilakukan dalam waktu sebulan pertama untuk diketahui perkembangan dan respons si pemain terhadap cedera. Kondisi tersebut mengharuskan Beckham beristirahat dan menjalani program pemulihan seperti terapi akan dibantu fisioterapi Persib, Benidektus Adi Priyanto.
''Pemulihan satu bulan pertama dengan dibantu fisioterapi Persib, sesudah satu bulan dilihat bagaimana perkembangannya. Sekarang pun Beckham sudah lebih baik dari pada sebelumnya,'' kata Rafi.
''Untuk saat ini kalau untuk operasi belum. Diobservasi dulu satu bulan, karena ini cederanya grade satu. Beckham harus benar-benar beristirahat, tidak boleh banyak bekerja pada bagian lutut yang cederanya, tapi untuk anggota tubuh lain tetap masih bisa dilatih,'' dia menuturkan.
Kabar ini tentu tidak menyenangkan buat Beckham. Sebab, jika tak segera sembuh, posisinya di Timnas U-19 bisa saja terancam.
ADVERTISEMENT
Terlebih, Timnas U-19 akan bersiap menatap dua event penting pada 2021. Piala Asia U-19 dan tentu saja Piala Dunia U-20.
---