Bola & Sports
·
9 Oktober 2020 11:56

Brasil vs Bolivia: Neymar Cedera, Tim Samba Bergantung pada Siapa?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Brasil vs Bolivia: Neymar Cedera, Tim Samba Bergantung pada Siapa? (388927)
Neymar dalam Brasil vs Swiss. Foto: Jason Cairnduff/Reuters
Neymar diragukan tampil dalam laga Brasil vs Bolivia di Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona CONMEBOL, Sabtu (10/10) pagi WIB. Kabar ini disampaikan langsung oleh dokter Timnas Brasil, Rodrigo Lasmar.
ADVERTISEMENT
"Kemarin, dia (Neymar) tidak bisa berlatih. Dia melaporkan sakit di punggung bawah, tanpa trauma. Selama pemanasan, dia dievaluasi dan dikeluarkan dari latihan. Dia mengalami sedikit peningkatan dari kemarin hingga hari ini (Kamis, 8/10, waktu setempat)," katanya dalam konferensi pers.
"Dia akan menginap di hotel melakukan pekerjaan intensif dan kami akan menunggu tanggapannya, sehingga kami dapat menyampaikan kondisinya dengan ebih pasti kepada Tite besok," lanjutnya.
Nah, anggaplah Neymar akhirnya benar-benar tak turun laga. Lantas, siapa yang akan menjadi andalan Brasil di lini serang nantinya?

1) Everton Ribeiro

Brasil vs Bolivia: Neymar Cedera, Tim Samba Bergantung pada Siapa? (388928)
Gelandang Brasil Everton Ribeiro. Foto: Yuri Cortez / AFP
Barangkali, para pencinta sepak bola Eropa agak asing mendengar nama Everton Ribeiro. Akan tetapi, situs web resmi Timnas Brasil menyebut bahwa pemain Flamengo ini yang akan menggantikan Neymar.
ADVERTISEMENT
Everton Ribeiro sejatinya adalah seorang gelandang kanan yang juga bisa menjadi winger kanan. Pemain 31 tahun ini menjadi andalan Flamengo sejak 2017 (mencetak 25 gol dan 26 assist dari 15o laga lintas ajang, per Transfermarkt).
Saat klub berjuluk Rubro-Negro itu merengkuh enam trofi sejak 2019, Everton Ribeiro adalah salah satu pemain kuncinya. Di level timnas senior, dia baru mengoleksi enam caps dan nol gol.

2) Everton Soares

Brasil vs Bolivia: Neymar Cedera, Tim Samba Bergantung pada Siapa? (388929)
Everton Soares, pemain timnas Brasil Foto: AFP
Tidak hanya ada satu "Everton" di Timnas Brasil kali ini, tetapi dua. Yang satu lagi adalah Everton Soares. Menurut kami, Everton Soares lebih pas menggantikan Neymar ketimbang Everton Ribeiro.
Sebab, pemain yang baru diboyong Benfica pada 2020 ini adalah winger murni, yang biasa beroperasi di sisi kiri--posisinya Neymar banget. Dia telah mencetak satu gol dan dua assist dari empat laga Benfica musim 2020/21.
ADVERTISEMENT
Eks bintang Gremio (2014-2020, mencetak 47 gol dan 17 assist dari 180 laga) ini pun masih muda. Tite mungkin bisa memberi jam terbang lebih pada pemain 24 tahun yang telah mengoleksi 14 caps dan tiga gol di Timnas Brasil level senior itu.

3) Richarlison

Brasil vs Bolivia: Neymar Cedera, Tim Samba Bergantung pada Siapa? (388930)
Pemain Brasil, Richarlison, menendang lewat adu penalti di laga final Copa Amerika Brasil vs Peru. Foto: Reuters
Selain dua pemain bernama "Everton", Brasil juga punya pemain yang bermain di klub Everton. Dialah Richarlison. Ya, The Toffees tak cuma punya Dominic Calvert-Lewin di lini serang, tetapi juga Richarlison yang telah memperkuat mereka sejak 2018.
Pemain 23 tahun ini adalah pemain yang serbabisa di lini serang, bisa menjadi winger (kanan dan kiri) juga striker. Ya, kalaupun Tite lebih memilih pemain lain di pos winger, Richarlison bisa diandalkan sebagai ujung tombak.
ADVERTISEMENT
Sekadar catatan, Richarlison telah mencetak empat gol dan dua assist dari enam laga Everton di lintas ajang musim 2020/21. Untuk Brasil, dia telah mencetak enam gol dari 19 penampilan.

4) Roberto Firmino

Brasil vs Bolivia: Neymar Cedera, Tim Samba Bergantung pada Siapa? (388931)
Pemain dari Brasil, Roberto Firmino. Foto: Rahman/AFP
Roberto Firmino sedang dalam pemantauan publik. Pasalnya, eks striker Hoffenheim ini belum mencetak satu gol pun di lima laga lintas ajang Liverpool di awal musim 2020/21.
Namun, bukan berarti hal tersebut bakal pasti terulang kala Firmino membela Timnas Brasil. Alumnus Figueirense punya catatan bagus saat membela Brasil sepanjang 2019 (lima gol dari 15 laga).
Firmino bisa menjadi False 9 dan mungkin Richarlison menjadi winger. Kombinasi Merseyside di 'Tim Samba' ini boleh jadi bakal menarik.

5) Philippe Coutinho

Brasil vs Bolivia: Neymar Cedera, Tim Samba Bergantung pada Siapa? (388932)
Philippe Coutinho membela Brasil di ajang Copa America 2019. Foto: AFP/Pedro Ugarte
Nah, bicara soal Liverpool, Brasil juga bisa mengandalkan eks penggawa The Reds, Philippe Coutinho. Pemain 28 tahun ini merupakan salah satu tokoh penting kesuksesan Bayern Muenchen meraih treble musim 2019/20.
ADVERTISEMENT
Meski posisi aslinya adalah gelandang serang, Coutinho tak buruk juga saat beroperasi sebagai winger. Pemain Barcelona ini bisa menjadi pengganti Neymar yang bagus. Kemampuannya dalam mencetak gol dan assist tak perlu diragukan lagi.
---
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona.