Bola & Sports
·
5 Mei 2021 17:37

Brigjen Pol Uden Kusuma Buka Suara Usai Ditunjuk Jadi Manajer Timnas U-23

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Brigjen Pol Uden Kusuma Buka Suara Usai Ditunjuk Jadi Manajer Timnas U-23 (159943)
Ketua Asprov PSSI DKI Jakarta, Uden Kusuma Wijaya. Foto: Ferry Tri Adi/kumparan
Brigjen Pol Uden Kusuma Wijaya buka suara setelah resmi ditetapkan sebagai manajer Timnas U-23 Indonesia oleh PSSI. Nantinya, Uden akan mendampingi 'Garuda Muda' berlaga di ajang SEA Games Vietnam 2021.
ADVERTISEMENT
Tugasnya tak mudah karena Timnas U-23 diharapkan bisa meraih medali emas. Pada edisi SEA Games 2019, skuad asuhan Indra Sjafri kala itu meraih medali perak setelah kalah dari Vietnam di final.
"Terkait dengan manajer timnas tentunya ekspektasi kita cukup tinggi, keinginan bangsa juga cukup besar terhadap prestasi olahraga khususnya sepak bola. Jadi, ini beban berat buat kami, tetapi kami berusaha untuk mewujudkan keinginan itu," ucap Uden ketika berbincang dengan kumparan, Rabu (5/5).
"Saya mohon didoakan supaya dimudahkan dan dilancarkan terutama penyesuaian dengan pemain dan pelatih yang tentunya tidak mudah," imbuhnya.
Kendati begitu, sepak bola bukan hal yang baru untuk Uden. Pasalnya, pria yang pernah menjabat sebagai Analisis Kebijakan Madya Bidang Brigade Mobil Korbrimob Polri itu sudah pernah berkecimpung di dunia sepak bola Indonesia.
ADVERTISEMENT
"Menjadi Manajer Timnas bukan barang baru buat saya. Saya pernah bawa pada saat itu pemain remaja U-14 dan U-15 ke Malaysia. Saya juga pernah menjadi manajer Bhayangkara FC dan saat ini sebagai Ketum Asprov DKI dan Tenaga Ahli Menpora. Jadi buat saya dunia olahraga sudah menjadi bagian dari hidup saya pribadi," pungkasnya.