Bola & Sports
·
13 Desember 2019 18:21

Bukan Kebetulan Klopp Mendatangkan Banyak Mantan Pemain Ralf Rangnick

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Bukan Kebetulan Klopp Mendatangkan Banyak Mantan Pemain Ralf Rangnick (16199)
Takumi Minamino (kiri) dalam laga yang dijalani RB Salzburg. Foto: Kenzo TRIBOUILLARD / AFP
Takumi Minamino pernah bermain di bawah Ralf Rangnick dan kini tengah diincar Liverpool. Jika perpindahan tersebut benar-benar terjadi, kapan pun itu, ini berarti akan ada lima mantan pemain Rangnick yang berkiprah bersama Jurgen Klopp.
ADVERTISEMENT
Sebelumnya, sudah ada empat nama yang lebih dulu merumput bersama Liverpool. Mereka adalah Roberto Firmino, Naby Keita, Sadio Mane, dan Joel Matip. Firmino sempat diasuh Rangnick saat keduanya bekerja untuk Hoffenheim, sedangkan Matip di Schalke.
Sementara itu, Keita dan Mane mengalaminya ketika masih bermain di RB Salzburg. Ini juga terjadi pada Minamino. Ia didatangkan tatkala Rangnick menjabat sebagai direktur olahraga Salzburg --plus RB Leipzig.
Bukan Kebetulan Klopp Mendatangkan Banyak Mantan Pemain Ralf Rangnick (16200)
Ralf Rangnick saat melatih RB Leipzig. Foto: AFP/Odd Andersen
"Saya pikir, di antara klub-klub top Eropa, dia (Klopp) sepertinya memiliki mantan pemain saya yang paling banyak," tutur Rangnick, dilansir Goal English.
Rangnick kemudian mengatakan bahwa fakta ini berkaitan erat dengan aspek taktikal. Menurut dia, Klopp memiliki pendekatan bermain yang persis dengan dirinya sehingga pemain-pemain yang dibutuhkan pun mesti memiliki spesifikasi serupa.
ADVERTISEMENT
Itulah kenapa Rangnick tak terkejut dengan segala yang terjadi. Bahwa ada empat pemain yang kini bermain di bawah Klopp, dan bahwa mereka tengah mengincar Minamino, Rangnick menganggapnya bukan suatu kebetulan.
"Klopp tak perlu berterima kasih. Bukan kebetulan bahwa dia memiliki empat pemain saya. Ini bukti bahwa dia, faktanya, mencari jenis pemain yang sama, kemampuan yang sama, dan mental yang sama seperti kami," kata Rangnick.
"Gaya bermain saya sangat mirp dengan Jurgen. Gaya kami proaktif, high pressing, counter-pressing. Ketika kami merebut bola, kami tidak ingin membuang waktu dengan melakukan square pass (operan ke samping) atau back pass (operan ke belakang)."
"Kami selalu mencoba untuk bermain ke depan dengan cara secepat mungkin. Kami juga ingin menciptakan banyak peluang dan mencetak gol sebanyak mungkin," sambung mantan pelatih Leipzig ini
Bukan Kebetulan Klopp Mendatangkan Banyak Mantan Pemain Ralf Rangnick (16201)
Sadio Mane. Foto: AFP/Bulent Kilic
Terkait Minamino, Rangnick secara khusus memberikan pujian. Ia menilai sosok berusia 24 tahun ini memiliki keunggulan utama dalam hal teknik dan mental. Ia pun tak kaget jika bukan hanya Klopp yang tertarik mendatangkannya.
ADVERTISEMENT
Terlebih, Minamino memiliki klausul rilis yang terbilang rendah untuk pemain dengan kemampuan seperti dirinya, yakni cuma sebesar 7,5 juta paun.
"Dia bukan jenis pemain yang akan berkata: 'Oke, lawan sudah merebut bola, jadi beritahu saya ketika kita sudah menguasainya kembali agar saya bisa kembali terlibat dalam permainan,'" tegas Rangnick.
"Bahkan di usia 19 tahun, kamu bisa melihat bahwa dia pemain yang sangat bagus," tuturnya.
Selain Minamino, ada beberapa nama lain yang pernah diasuh Rangnick yang kabarnya juga dikaitkan dengan Liverpool. Salah satu yang sejak musim lalu paling banyak diperbincangkan adalah Timo Werner.
Kebetulan, performa Werner musim ini tengah apik-apiknya. Ia berkembang pesat di bawah arahan Julian Nagelsmann dengan mampu mencetak 15 gol hanya dalam 14 laga Bundesliga 1.
ADVERTISEMENT
---
Mau nonton bola langsung di Inggris? Ayo, ikutan Home of Premier League. Semua biaya ditanggung kumparan dan Supersoccer, gratis! Ayo, buruan daftar di sini. Tersedia juga hadiah bulanan berupa Polytron Smart TV, langganan Mola TV, dan jersi original.